Sektor Pariwisata Indonesia Terdampak Virus Corona: 20 Ribu Wisman Batal ke Bali

Menyusul penyebarannya yang kian massif, virus ini pun telah berdampak pada banyak sektor kehidupan, termasuk pariwisata.

Virus corona masih belum menunjukan tanda akan mereda. Sebaliknya, menyusul penyebarannya yang kian massif, virus ini pun telah berdampak pada banyak sektor kehidupan, termasuk pariwisata. Indonesia adalah salah satu negara yang terkena dampak buruk akibart merebaknya virus yang berasal dari Wuhan, China tersebut.

Sektor Pariwisata Indonesia Terdampak Virus Corona

Dampak paling kentara adalah menurunnya jumlah wisatawan mancanegara (wisman). Ketua Perhimpunan Hotel Republik Indonesia (PHRI), Hariyadi Sukamdani, mengungkapkan sebanyak 20.000 wisatawan mancanegara (wisman) membatalkan perjalanannya ke Bali.

Kondisi ini, praktis membuat banyak potensi kerugian. Sebagaimana diungkapkannya bahwa virus ini telah menyebabkan dibatalkannya pemesanan 40 ribu kamar di Bali.

bali

“Virus corona ini membuat kelimpungan, kebetulan sektor saya di pariwisata. Itu kerasa banget. Kami cek di bali 40.000 pax lebih cancel, 20.000 orang batal penerbangan,” kata Hariyadi dalam Business Gathering Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) di Hotel Kempinski, Jakarta, Jumat (7/2/2020) sebagaimana Sibukliburan.id kutip dari detikTravel.

Diketahui bahwa wisman yang membatalkan pemesanan tersebut berasal dari China. Meski sampai saat ini masih belum terhitung jumlah kerugian dari pembatalan tersebut, tetapi menurut Badan Pusat Statistik (BPS) wisatawan asal Negeri Tirai Bambu mampu menghabiskan dana hingga USD 1.000 dalam sekali perjalanan ke Indonesia.

“Tapi kalau dari data BPS itu kan bilang kira-kira turis China US$ 1.100. Kalau cancellation sampai dengan 20.000 pax ya dikali saja segitu,” sebutnya.

BACA JUGA: Arak Bali Legal, Gubernur: Siap Jamu Tamu dan Hotel Diminta Kurangi Impor Arak

Sementara itu, sektor pariwisata yang terdampak virus corona bukan hanya Bali saja—yang memang merupakan surga wisata utama wisman di Indonesia, melainkan juga Manado, Sulawesi Utara.

“Manado sudah berhenti, kan sudah nggak ada penerbangan. Sekarang sudah stop semua. Sekarang yang mengkhawatirkan yang lain ikutan. Jadi mood-nya turis yang lain ikut-ikutan dia mengurangi kepergiannya,” paparnya.

Indonesia bukan satu-satunya negara yang berpotensi kehilangan banyak pendapatan di sektor pariwisata akibat merebaknya virus corona. Thailand menjadi negara lain di kawasan Asia Tenggara yang merasakan hal senada.

Negeri Gajah Putih itu bahkan berpotensi kehilangan pendapatan negaranya dari sektor ini mencapai 50 milyar Thailand Baht atau sekitar 22 triliun rupiah sebagaimana diungkapkan pihak otoritas pariwisata Thailand atau TAT. Thailand sendiri menjadi negara kedua setelah China dengan jumlah korban virus corona terbanyak.

Meski demikian, jumlah korban dan pengidap virus di kedua negara tersebut sama sekali tak bisa dipadankan. Pasalnya, jumlah korban meninggal akibat virus ini sudah mencapai ratusan dan pasien pengidapnya ribuan, sedangkan di Thailand tidak sampai menjangkau angka tersebut.

China sendiri sebagai negara asal virus Wuhan juga mengalami kerugian di bidang pariwisata. Setidaknya 10 kota lumpuh akibat penyebaran virus ini dan diantara kota tersebut merupakan kawasan wisata.

Banyaknya negara yang membatasi bahkan menghentikan penerbangan dari dan ke China tak pelak juga berdampak pada sektor penerbangan negara tersebut. (y)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Mungkin kamu juga suka

Desa Tradisional ‘Korean Folk Village’, Cocok untuk Wisata Keluarga

Mengenalkan budaya tradisional Korea melalui pertunjukan seni, kelas budaya, pengalaman hidup tradisional dan lain sebagainya, membuat tempat wisata Korean Folk Village ini...

Oh, Keramas Ternyata Tabu Saat Imlek

Tahun Baru China telah tiba, seluruh etnis Tionghoa di mana pun di dunia ini tengah bersuka cita merayakan hari besar. Tak hanya...

7 Fakta Unik Negara-Negara Balkan yang Wajib Diketahui

Bicara soal tempat tujuan wisata, Balkan barangkali jarang dilirik. Tak dipungkiri negara-negara di kawasan Eropa Tenggara ini memang tak setenar negara Eropa...

Jernihnya Mata Air dari Oshino Hakkai di Kawasan Gunung Fuji

Siapa yang tidak mengenal Gunung Fuji? Dataran tinggi yang populer sebagai salah satu landmark Negeri Sakura Jepang ini menyimpan sejuta pesona yang mampu menghipnotis para...

Recommended! Ini 5 Tempat Berbelanja Oleh-oleh di Harbin

‘Bagaikan taman tak berbunga, bagai sayur kurang garam’, ya begitulah jika jalan-jalan alias pikni tanpa membeli oleh-oleh. Selain sebagai buah tangan untuk...

Terbaru

STEP BY STEP: Cara Membuat Paspor Online Indonesia

Paspor merupakan dokumen penting yang harus dimiliki Sahabat Silir jika ingin bepergian ke luar negeri. Paspor sendiri adalah...

Karena Virus Corona, Udara Jadi Lebih Bersih

Selalu ada hikmah di balik sebuah peristiwa. Barangkali ini pula ungkapan yng cocok untuk menggambarkan situasi saat ini, di mana dunia sedang...

Gara-gara KLB Corona, Pasar Klewer Solo Sepi

Terimbasnya virus corona ke Indonesia membawa banyak konsekuensi. Bukan saja soal jatuhnya korban jiwa maupun pasien yang terkena virus yang diklaim berasal...

8 Tempat Wisata Indonesia yang Wajib Dikunjungi Tahun 2020

Indonesia dikenal sebagai negara yang besar, bukan saja karena jumlah penduduknya yang banyak, melainkan juga lantaran banyaknya kekayaan alam dan budaya yang...

Aneh tapi Nyata! Wine Mengalir di Keran Warga di Italia

Umumnya keran yang tersambung ke rumah akan berisi aliran air bersih untuk kepentingan sehari-hari. Namun, kejadian satu ini aneh bin ajaib!

STEP BY STEP: Cara Membuat Paspor Online Indonesia

Paspor merupakan dokumen penting yang harus dimiliki Sahabat Silir jika ingin bepergian ke...

Karena Virus Corona, Udara Jadi Lebih Bersih

Selalu ada hikmah di balik sebuah peristiwa. Barangkali ini pula ungkapan yng cocok...

Gara-gara KLB Corona, Pasar Klewer Solo Sepi

Terimbasnya virus corona ke Indonesia membawa banyak konsekuensi. Bukan saja soal jatuhnya korban...

8 Tempat Wisata Indonesia yang Wajib Dikunjungi Tahun 2020

Indonesia dikenal sebagai negara yang besar, bukan saja karena jumlah penduduknya yang banyak,...