Suhu Semakin Hangat, Antartika Jadi Tujuan Wisata Baru

Dilansir dari detik.com (11/12/2019), suhu di Antartika saat ini bisa mencapai 15,5 derajat celcius. Faktanya ini merupakan suhu terpanas yang pernah terjadi di daratan Antartika.

0
355
Antartika

Tak dapat dipungkiri, pemanasan global sudah mulai berdampak pada perubahan di sejumlah tempat, salah satunya adalah Antartika. Gurun es di selatan bumi ini diketahui telah lama menghadapi ancaman serius akibat fenomena ini.

Meski begitu, rupanya hal ini justru malah membuat perjalanan wisata ke sana semakin diminati. Seperti yang diketahui, Antartika memang dikenal sebagai salah satu wilayah yang tak bisa dihuni manusia karena memiliki suhu minus yang ekstrim.

Antartika Jadi Tujuan Wisata Baru

Dilansir dari detik.com (11/12/2019), suhu di Antartika saat ini bisa mencapai 15,5 derajat celcius. Faktanya ini merupakan suhu terpanas yang pernah terjadi di daratan Antartika.

BACA JUGA: 5 Fakta Unik Kutub Utara Yang Harus Kamu Ketahui

Kunjungan Antartika pada tahun ini diperkirakan mengalami peningkatan sebanyak 40 persen dibandingkan dengan tahun lalu. Diperkirakan ada sekitar 80 ribu wisatawan yang berkunjung ke tempat ini dari berbagai belahan dunia.

Antartika

Menurut data yang dihimpun dari CNN (10/12/2019), dalam kurung waktu tahun 2016 hingga 2017, sejumlah turis yang datang kemari didominasi oleh wisatawan asal Amerika Serikat yang mencapai 14.566 orang dan China 5.286 orang. Sementara itu, urutan ketiga terbanyak ditempati oleh Australia yang mencapai hingga 4.451 orang wisatawan.

Beberapa spot wisata yang paling populer untuk dikunjungi di Antartika antara lain, Half Moon Island, Chiriguano Bay, dan Orne Harbour. Selain itu terdapat juga beberapa kegiatan menarik yang bisa dilakukan oleh wisatawan disana, dimulai dari berjalan, berenang, dan menyaksikan gletser yang meleleh.

Meski selama ini manusia tak pernah menghuni daratan terdingin di bumi ini, tetapi hewan penguin diketahui telah lama hidup di dalamnya. Oleh karenanya, kegiatan berfoto dengan penguin menjadi salah satu kegiatan yang tak dapat dilewatkan saat berkunjung kemari.

Meski kunjungan ke Antartika menjadi kunjungan wisata yang unik, tetapi nyatanya berkunjung kemari butuh merogoh kocek yang banyak. Estimasi biaya yang dihabiskan diperkirakan tidak kurang dari 113 juta rupiah atau setidaknya dibutuhkan persiapan biaya yang mencapai 156 juta rupiah untuk sekali jalan.

Meski wacana perjalanan ke Antartika bisa jadi agenda yang menyenangkan, tampaknya hal ini tetap menuai kekhawatiran akan dampaknya dalam beberapa tahun ke depan. Menurut laporan dari Liputan6.com (20/01/2019), terungkap sebuah penemuan fakta mencengangkan tentang es di Antartika.

BACA JUGA: Piknik ke Kutub Utara: Mahal Namun Berharga

Menurut penelitian yang diterbitkan dalam Proceedings of the National Academy of Sciences tersebut, dikatakan bahwa Antartika telah mengalami kehilangan es sebanyak enam kali per tahunnya jika dibandingkan dengan 40 tahun yang lalu.

Sejak tahun 1980-an diperkirakan Antartika telah mengalami pencairan hingga 40 gigaton dalam setahun. Jumlah ini kemudian meningkat pada tahun 2009 hingga 2017 yang mana pencairan es bisa mencapai hingga 252 gigaton per tahunnya.

Dalam beberapa abad ke depan, fenomena es Antartika yang mencair diperkirakan akan membuat naiknya permukaan air laut dan menenggelamkan sejumlah daratan di bumi. (AS)

Tag: Wisata Es, Antartika, Kutub Selatan, Pemanasan Global, Tujuan Wisata Baru

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here