Seorang Penumpang British Airways Berusaha Membuka Pintu Pesawat Selama Penerbangan

Penumpang tersebut diyakini mengalami panic attack (serangan panik), sebuah gangguan kecemasan secara berlebihan yang terjadi secara tiba-tiba.

Insiden penumpang yang berusaha membuka pintu pesawat di tengah-tengah penerbangan kembali terulang. Dikutip dari Independent.co.uk (03/12/2019), insiden kali ini terjadi di atas pesawat British Airways yang sedang terbang menuju Riyadh, Arab Saudi.

“Saya ingin keluar” demikian kata-kata yang terlontar dari penumpang pria yang tidak diketahui namanya tersebut. Penumpang tersebut diyakini mengalami panic attack (serangan panik) – sebuah gangguan kecemasan secara berlebihan yang terjadi secara tiba-tiba.

BACA JUGA: Bandara di Inggris ini Menerbangkan Sebuah ‘Pesawat Hantu’ Setiap Harinya

Diketahui insiden tersebut terjadi pada pesawat BA 263 yang terbang dari Bandara Heathrow, London. Kejadian tersebut terjadi saat pesawat dijadwalkan akan mendarat dalam waktu satu jam, hingga akhirnya pria tersebut tiba-tiba bangkit dari kursinya dan berusaha menarik tuas pintu di belakang pesawat.

Akibat ulahnya itu, sejumlah penumpang sampai harus ikut turun tangan untuk menghalangi aksinya yang dianggap dapat membahayakan keselamatan penumpang lainnya. Salah satu diantaranya adalah Dean Whyte yang meupakan kakak laki-laki petinju profesional Inggris Dillian Whyte.

Bandara Internasional Heathrow
Bandara Internasional Heathrow

“Aku berhasil memegangi orang tersebut dan bersiap untuk membantingnya dengan keras jika perlu, tapi aku dan pramugara melihat ada yang salah dengan keadaannya sehingga aku berusaha menenangkannya sambil terus memegangnya. Pada akhirnya itu berhasil.” tutur Whyte. Pria yang juga merupakan seorang konsultan boxing tersebut menyebutkan kejadian ini terasa seperti adegan dalam film.

Diketahui Whyte sendiri memang tengah melakukan perjalanan ke ibukota Saudi untuk memberi dukungan di pertandingan adiknya pada Sabtu malam mendatang. Awak kabin diketahui juga ikut membantu dalam menenangkan pria tersebut dan berhasil membuat pelaku kembali duduk ke kursinya hingga akhir penerbangan.

Juru bicara British Airways mengungkapkan kepada The Independent “Awak kabin kami sangat peduli terhadap penumpang yang mengalami serangan panik selama penerbangan. Kami sungguh menyesal atas segala ketidaknyamanan yang ditimbulkan kepada para penumpang.”

Meskipun hal tersebut menimbulkan ketakutan di kalangan penumpang, faktanya mustahil untuk membuka pintu kabin selama pesawat sedang terbang. Hal ini disebabkan karena adanya tekanan yang mengakibatkan pintu sulit dibuka. Selain itu, pintu emergency juga biasanya dilengkapi dengan sederet selot pengaman baik secara elektrik maupun mekanik.

Insiden ini semakin menambah panjang daftar orang-orang yang pernah mencoba membuka pintu pesawat di tengah penerbangan.

Pada Juni lalu, sebuah pesawat dipaksa kembali ke Spanyol oleh penumpang mabuk yang marah dan berusaha membuka pintu emergency. Hal itu terjadi pada penerbangan pesawat UX89 maskapai Air Europa yang menuju Santo Domingo, Republik Dominika.

Pada bulan yang sama, seorang penumpang wanita pesawat Pakistan International Airlines dikabarkan pernah juga berusaha membuka pintu emergency yang disangka sebagai toilet ketika penerbangan hendak lepas landas. Akibat kesalahan penumpang tersebut, penerbangan PK702 dari Manchester ke Islamabad itu harus mengalami penundaan hingga hampir delapan jam. (AS)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Mungkin kamu juga suka

Gunung Semeru Alami 133 Letusan dan Guguran Lava Pijar

Kapal erupsi kembali datang dari salah satu gunung berapi aktif di Indonesia. Kali ini warta tersebut berasal dari Gunung Semeru yang berlokasi...

Tips Aman Bagi Solo Traveler Pemula

Tips Aman Bagi Solo Traveler PemulaBagi sebagian orang traveling bersama-sama lebih asyik. Selain karena di sepanjang perjalanan bisa bercanda bersama, piknik bersama...

Melongok Sejarah Jepang Di Kastil Matsumoto

Ke Jepang tanpa berkunjung ke kastil-kastil bersejarah rasanya kurang afdol. Salah satu kastil yang layak dikunjungi adalah Kastil Matsumoto (Matsumoto Castle) yang ada Perfektur Nagano.

Deretan Lima Fakta Menarik Situasi Kota Seoul Korea Selatan

Sibuk Liburan - Para pecinta K-Pop tentunya sudah tidak asing lagi dengan Korea selatan, negara asal grup-grup idol yang tengah digandrungi kawula muda saat...

Simak 5 Point Penting Untuk Menyusun Itinerary Perjalanan

Sibuk Liburan - Sebagai seorang traveler, Sahabat Silir pastinya tak asing dengan istilah itinerary. Perencanaan model tersebut boleh dibilang sangat penting terutama...

Terbaru

STEP BY STEP: Cara Membuat Paspor Online Indonesia

Paspor merupakan dokumen penting yang harus dimiliki Sahabat Silir jika ingin bepergian ke luar negeri.Paspor sendiri adalah...

Karena Virus Corona, Udara Jadi Lebih Bersih

Selalu ada hikmah di balik sebuah peristiwa. Barangkali ini pula ungkapan yng cocok untuk menggambarkan situasi saat ini, di mana dunia sedang...

Gara-gara KLB Corona, Pasar Klewer Solo Sepi

Terimbasnya virus corona ke Indonesia membawa banyak konsekuensi. Bukan saja soal jatuhnya korban jiwa maupun pasien yang terkena virus yang diklaim berasal...

8 Tempat Wisata Indonesia yang Wajib Dikunjungi Tahun 2020

Indonesia dikenal sebagai negara yang besar, bukan saja karena jumlah penduduknya yang banyak, melainkan juga lantaran banyaknya kekayaan alam dan budaya yang...

Aneh tapi Nyata! Wine Mengalir di Keran Warga di Italia

Umumnya keran yang tersambung ke rumah akan berisi aliran air bersih untuk kepentingan sehari-hari. Namun, kejadian satu ini aneh bin ajaib!

STEP BY STEP: Cara Membuat Paspor Online Indonesia

Paspor merupakan dokumen penting yang harus dimiliki Sahabat Silir jika ingin bepergian ke...

Karena Virus Corona, Udara Jadi Lebih Bersih

Selalu ada hikmah di balik sebuah peristiwa. Barangkali ini pula ungkapan yng cocok...

Gara-gara KLB Corona, Pasar Klewer Solo Sepi

Terimbasnya virus corona ke Indonesia membawa banyak konsekuensi. Bukan saja soal jatuhnya korban...

8 Tempat Wisata Indonesia yang Wajib Dikunjungi Tahun 2020

Indonesia dikenal sebagai negara yang besar, bukan saja karena jumlah penduduknya yang banyak,...
WhatsApp Chat via WhatsApp