Serunya Menghabiskan Libur Natal Bersama Keluarga di Jawa Timur Park

0
589
Jawa Timur Park
Jawa Timur Park

Mengisi cerita liburan kali ini, saya akan menuturkan pengalaman jalan-jalan bersama keluarga di Jawa Timur. Menyambut libur Natal, kami sekeluarga menetapkan hati untuk berlibur di Kota Batu yang terkenal sejuk dan dikelilingi pegunungan.

Tidak kurang selama empat hari berturut-turut, saya dan keluarga menikmati saat-saat kebersamaan mulai dari Jawa Timur Park 1 kemudian ditutup dengan wisata edukasi di Dino Park.

Hari pertama, perjalanan dimulai dengan menaiki kereta dari Stasiun Wonokromo, Surabaya, menuju Stasiun Malang. Begitu tiba pada pukul 09.30 pagi, kami langsung menuju vila Panderman Indah di Kota Batu yang tidak jauh dari Kusuma Agrowisata. Udara di sekitar vila terasa sangat sejuk pada siang hari, sebaliknya suhu akan jatuh ke 11ÂșC pada dini hari.

Penginapan yang kami tempati sangat unik. Pada setiap dinding di sepanjang tangga dipasang kata-kata motivasi yang selalu menarik untuk dibaca. Lengkap pula dengan fasilitas kolam renang, playground, dan tempat berfoto selfie.

Sekitar jam 6 sore, setelah semua lelah di badan luruh, kami sekeluarga mengunjungi Jawa Timur Park 3 atau Dino Land. Kami cukup membayar Rp 110 ribu/orang untuk bisa mencoba berbagai macam wahana. Beberapa wahana di Jawa Timur Park 3 yang sempat kami coba antara lain: Museum Musik Indonesia, Infinite World, Circus Magic, The House of Zombie, 6D cinema, Virtual Game, Snapper Game 4coin.

Hari ke dua, kami langsung melaju menuju Jawa Timur Park 1 setelah menikmati sarapan pagi di villa. Berturut-turut kami menjelajah wisata edukasi Indonesia lewat Bagong Museum Tubuh, area budaya rumah adat Indonesia dari sabang-merauke, rumah sayur dan pasar ikan, kemudian ada rumah belajar kimia fisika, dan sejarah kemerdekaan indonesia.

Dilanjutkan dengan melihat ikan di area akuarium dengan bentuk-bentuk yang sangat unik seperti akuarium dari kulkas, mesin cuci hingga akuarium yang berisi toilet duduk. Jalan-jalan di Jawa Timur Park 1 kami tutup dengan melakukan wisata belanja di pintu keluar.

Hari ke tiga, kami mencoba menyambangi Jawa Timur Park 2. Di sini terdapat Batu Secret Zoo, Museum Satwa, dan Eco Green Park. Di pintu masuk, kami membeli dua tiket terusan untuk Batu Secret Zoo dan Museum Satwa sekaligus. Menariknya, jika capek berjalan di sekitar area kebun binatang kita bisa menyewa E-Bike seharga Rp 100 ribu/3 jam di sebuah konter dekat area burung flamingo.

Menurut saya, Batu Secret Zoo memiliki koleksi satwa yang cukup lengkap untuk wisata edukasi keluarga. Anak-anak bisa melihat berbagai macam binatang mulai dari tikus raksasa sampai binatang besar seperti gajah, jerapah, dan singa.

Ada satu koleksi baru yang dimiliki oleh kebun binatang ini, yaitu Badak India berusia 10 tahun bernama Bertus. Kabarnya Batu Secret Zoo menjadi satu-satunya lokasi wisata edukasi yang pertama kali menerima Badak India.

Selepas Batu Secret Zoo, kami menuju ke Museum Satwa yang terletak di sebelah pintu keluar kebun binatang. Museum ini khusus menyimpan diorama binatang yang sudah diawetkan. Koleksinya cukup lengkap, meliputi serangga terkecil, binatang besar seperti Jerapang, hingga beruang kutub yang sedang memangsa anjing laut.

Hari ke empat merupakan hari terakhir kami berlibur di Kota Batu. Sebelum meninggalkan kota pada pukul 17.00, kami menyempatkan diri menjelajah Dino Park. Koleksi yang kami temuikan disana meliputi kisah kepunahan dinosaurus lengkap dengan peragaan replika tulang belulangnya.

Di saat-saat terakhir, kami sempat mengunjungi wahana dengan nuansa Timur Tengah yang eksotis. Sayangnya perjalanan pun harus segera berakhir saat kami meninggalkan Jawa Timur Park pada pukul 15.00 menuju stasiun Malang untuk melanjutkan perjalanan ke Denpasar.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here