Simak 5 Point Penting Untuk Menyusun Itinerary Perjalanan

Menyusun itinerary terkadang bukanlah hal yang mudah, terlebih jika Sahabat Silir belum pernah melakukan sebelumnya. Oleh sebab itu, perhatikan point-point penting penting perlu untuk menyusunnya.

Sibuk Liburan – Sebagai seorang traveler, Sahabat Silir pastinya tak asing dengan istilah itinerary. Perencanaan model tersebut boleh dibilang sangat penting terutama bagi para pelancong mandiri yang tidak menggunakan jasa tur dari sebuah perusahaan.

Namun begitu, menyusun itinerary terkadang bukanlah hal yang mudah, terlebih jika Sahabat Silir belum pernah melakukan sebelumnya. Oleh sebab itu, perhatikan point-point penting penting perlu untuk menyusunnya.

Itinerary

1
Tentukan Destinasi dan Waktu

Hal pertama yang pastinya perlu Sahabat Silir lakukan adalah menentukan destinasi atau tempat yang dituju. Tentukan juga waktu keberangkatan serta lama tinggal di destinasi. Putuskan juga jenis transportasi yang akan digunakan untuk keberangkatan dan kepulangan, apakah menggunakan jalur darat, laut atau udara.

Setelahnya, tentukan tempat-tempat yang hendak dikunjungi saat berada disana, seperti museum, pameran, taman rekreasi, dan lain sebagainya. Jangan lupa untuk memperhatikan jam buka dan tutup dari berbagai tempat tersebut.

2
Membaca Panduan dan Referensi

Penting sekali untuk mencari informasi serta referensi untuk membuat itinerary. Hal ini bisa dilakukan dengan melakukan penjelajahan di internet melalui blog, jurnal, dan website traveling terkemuka.

Sebaiknya pertimbangkan untuk membeli buku panduan perjalanan. Terdapat dua jenis buku panduan yang umumnya bisa dibeli, yaitu terbitan dalam negeri dan luar negeri.

3
Perencanaan Kuliner, Transportasi dan Akomodasi

Hal pertama yang perlu dipikirkan pada point ini pastinya adalah akomodasi penginapan. Sahabat Silir harus menentukan akomodasi dan lokasi yang sesuai dengan kemampuan budget. Lakukan perbandingan harga melalui aplikasi online yang bisa memberikan informasi akan hal ini.

Pikirkan secara matang hal apa saja yang akan dilakukan selama berada disana. Semisal akan makan dimana saja selama, serta apa saja jenis kuliner khas setempat yang hendak diburu. Selain itu, tentukan juga pusat perbelanjaan yang hendak dikunjungi jika berminat untuk melakukan wisata belanja.

Setelah itu, tentukan jenis transportasi yang akan dipergunakan selama berada di tempat tujuan. Sahabat Silir bisa memilih menyewa transportasi atau mempergunakan kendaraan umum selama disana. Apabila menggunakan transportasi umum, periksa jadwal operasional kendaraan umum di daerah tujuan. Jangan sampai Sahabat Silir ketinggalan kendaraan terakhir saat sedang asyik melakukan eksplorasi.

4
Membuat Template dan Timeline

Setelah semua point di atas terkumpul, kini saatnya beralih untuk melakukan penyusunan. Urutkan waktu dan jenis aktivitas dalam tempo waktu yang sudah ditentukan. Sahabat Silir bisa menyusunnya ke dalam sebuah template di komputer atau smartphone.

Jika perlu, unduhlah aplikasi yang dapat membantu menyusun itinerary. Biasanya selain dapat memuat catatan untuk template, aplikasi jenis ini juga dilengkapi dengan peta dan navigasi yang memudahkan pelancing menjangkau tempat-tempat tertentu.

5
Menentukan Budget

Memperkirakan biaya adalah salah satu point yang tak kalah penting dibandingkan dengan tempat lainnya. Perlu diketahui, masing-masing daerah destinasi memiliki tingkat biaya yang berbeda-beda. Sebagai contoh, harga makanan di Yogyakarta mungkin akan jauh lebih murah bila dibandingkan dengan harga makanan di Balikpapan.

Apabila berkunjung ke luar negeri, Sahabat Silir juga perlu menyelidiki nilai mata uang dari negara setempat. Contohnya adalah negara Jepang yang dikenal memiliki biaya hidup tinggi. Sebaliknya jika pergi ke Thailand, Sahabat Silir mungkin akan menemukan banyak harga yang sangat murah.

Dengan tersusunnya itinerary secara baik, Sahabat Silir dapat membuat rencana perjalanan menjadi lebih terarah. Terlebih jika Sahabat Silir merupakan tipe pelancong yang penuh perhitungan. Selain itu, Sahabat Silir juga memiliki estimasi waktu dan biaya yang akan dihabiskan nantinya.  (AS)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Mungkin kamu juga suka

Terbaru