Simak 5 Point Penting Untuk Menyusun Itinerary Perjalanan

Menyusun itinerary terkadang bukanlah hal yang mudah, terlebih jika Sahabat Silir belum pernah melakukan sebelumnya. Oleh sebab itu, perhatikan point-point penting penting perlu untuk menyusunnya.

Sibuk Liburan – Sebagai seorang traveler, Sahabat Silir pastinya tak asing dengan istilah itinerary. Perencanaan model tersebut boleh dibilang sangat penting terutama bagi para pelancong mandiri yang tidak menggunakan jasa tur dari sebuah perusahaan.

Namun begitu, menyusun itinerary terkadang bukanlah hal yang mudah, terlebih jika Sahabat Silir belum pernah melakukan sebelumnya. Oleh sebab itu, perhatikan point-point penting penting perlu untuk menyusunnya.

Itinerary

1
Tentukan Destinasi dan Waktu

Hal pertama yang pastinya perlu Sahabat Silir lakukan adalah menentukan destinasi atau tempat yang dituju. Tentukan juga waktu keberangkatan serta lama tinggal di destinasi. Putuskan juga jenis transportasi yang akan digunakan untuk keberangkatan dan kepulangan, apakah menggunakan jalur darat, laut atau udara.

Setelahnya, tentukan tempat-tempat yang hendak dikunjungi saat berada disana, seperti museum, pameran, taman rekreasi, dan lain sebagainya. Jangan lupa untuk memperhatikan jam buka dan tutup dari berbagai tempat tersebut.

2
Membaca Panduan dan Referensi

Penting sekali untuk mencari informasi serta referensi untuk membuat itinerary. Hal ini bisa dilakukan dengan melakukan penjelajahan di internet melalui blog, jurnal, dan website traveling terkemuka.

Sebaiknya pertimbangkan untuk membeli buku panduan perjalanan. Terdapat dua jenis buku panduan yang umumnya bisa dibeli, yaitu terbitan dalam negeri dan luar negeri.

3
Perencanaan Kuliner, Transportasi dan Akomodasi

Hal pertama yang perlu dipikirkan pada point ini pastinya adalah akomodasi penginapan. Sahabat Silir harus menentukan akomodasi dan lokasi yang sesuai dengan kemampuan budget. Lakukan perbandingan harga melalui aplikasi online yang bisa memberikan informasi akan hal ini.

Pikirkan secara matang hal apa saja yang akan dilakukan selama berada disana. Semisal akan makan dimana saja selama, serta apa saja jenis kuliner khas setempat yang hendak diburu. Selain itu, tentukan juga pusat perbelanjaan yang hendak dikunjungi jika berminat untuk melakukan wisata belanja.

Setelah itu, tentukan jenis transportasi yang akan dipergunakan selama berada di tempat tujuan. Sahabat Silir bisa memilih menyewa transportasi atau mempergunakan kendaraan umum selama disana. Apabila menggunakan transportasi umum, periksa jadwal operasional kendaraan umum di daerah tujuan. Jangan sampai Sahabat Silir ketinggalan kendaraan terakhir saat sedang asyik melakukan eksplorasi.

4
Membuat Template dan Timeline

Setelah semua point di atas terkumpul, kini saatnya beralih untuk melakukan penyusunan. Urutkan waktu dan jenis aktivitas dalam tempo waktu yang sudah ditentukan. Sahabat Silir bisa menyusunnya ke dalam sebuah template di komputer atau smartphone.

Jika perlu, unduhlah aplikasi yang dapat membantu menyusun itinerary. Biasanya selain dapat memuat catatan untuk template, aplikasi jenis ini juga dilengkapi dengan peta dan navigasi yang memudahkan pelancing menjangkau tempat-tempat tertentu.

5
Menentukan Budget

Memperkirakan biaya adalah salah satu point yang tak kalah penting dibandingkan dengan tempat lainnya. Perlu diketahui, masing-masing daerah destinasi memiliki tingkat biaya yang berbeda-beda. Sebagai contoh, harga makanan di Yogyakarta mungkin akan jauh lebih murah bila dibandingkan dengan harga makanan di Balikpapan.

Apabila berkunjung ke luar negeri, Sahabat Silir juga perlu menyelidiki nilai mata uang dari negara setempat. Contohnya adalah negara Jepang yang dikenal memiliki biaya hidup tinggi. Sebaliknya jika pergi ke Thailand, Sahabat Silir mungkin akan menemukan banyak harga yang sangat murah.

Dengan tersusunnya itinerary secara baik, Sahabat Silir dapat membuat rencana perjalanan menjadi lebih terarah. Terlebih jika Sahabat Silir merupakan tipe pelancong yang penuh perhitungan. Selain itu, Sahabat Silir juga memiliki estimasi waktu dan biaya yang akan dihabiskan nantinya.  (AS)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Mungkin kamu juga suka

Tujuh Makanan Musim Dingin Jepang Ini Bantu Menghangatkan Tubuh

Sibuk Liburan - Musim dingin di Jepang adalah waktu yang tepat untuk menyantap kuliner yang mampu menghangatkan tubuh. Beberapa menu lezat dan...

Dilahap Api, Kastil Shuri Okinawa Kehilangan Tiga Bangunan Utama

Kabar mengejutkan datang dari Negeri Jepang. Dikutip dari Tirto.id (31/10/2019), Kastil Shuri Okinawa yang diakui sebagai Situs Warisan Dunia telah dilalap si...

Meresapi Makna Perhelatan Event Exciting Banten on Seba Baduy

Eksotisme pariwisata Banten tak hanya melulu soal keindahan alam baharinya. Keunikan Suku Baduy juga merupakan satu dari sekian banyak potensi pariwisata Banten yang tak kalah...

Mayan Riviera, Wisata Pantai Favorit di Meksiko

Meksiko tak hanya tenar dengan Telenovela-nya atau bangunan sejarah nan antik-antik. Akan tetapi, negara ini juga memiliki destinasi wisata alam yang menakjubkan....

Cheonggyecheon Stream Tawarkan Ketenangan Alami di Tengah Kota Seoul

Tak berbeda dengan kota-kota besar lainnya di dunia, kota Seoul juga diwarnai dengan sejumlah aktivitas kesibukan, padatnya lalu lintas, dan juga lahan-lahan tempat berdirinya gedung-gedung...

Terbaru

STEP BY STEP: Cara Membuat Paspor Online Indonesia

Paspor merupakan dokumen penting yang harus dimiliki Sahabat Silir jika ingin bepergian ke luar negeri.Paspor sendiri adalah...

Karena Virus Corona, Udara Jadi Lebih Bersih

Selalu ada hikmah di balik sebuah peristiwa. Barangkali ini pula ungkapan yng cocok untuk menggambarkan situasi saat ini, di mana dunia sedang...

Gara-gara KLB Corona, Pasar Klewer Solo Sepi

Terimbasnya virus corona ke Indonesia membawa banyak konsekuensi. Bukan saja soal jatuhnya korban jiwa maupun pasien yang terkena virus yang diklaim berasal...

8 Tempat Wisata Indonesia yang Wajib Dikunjungi Tahun 2020

Indonesia dikenal sebagai negara yang besar, bukan saja karena jumlah penduduknya yang banyak, melainkan juga lantaran banyaknya kekayaan alam dan budaya yang...

Aneh tapi Nyata! Wine Mengalir di Keran Warga di Italia

Umumnya keran yang tersambung ke rumah akan berisi aliran air bersih untuk kepentingan sehari-hari. Namun, kejadian satu ini aneh bin ajaib!
WhatsApp Chat via WhatsApp