Soekarno-Hatta Peringkat 6 Bandara Tersibuk Menyambut Libur Natal dan Tahun Baru

Sibuk Liburan – Menyambut musim liburan, jadwal penerbangan di tiap-tiap bandara internasional di beberapa negara dipastikan akan sangat sibuk. Terutama saat libur Natal dan Tahun Baru, kunjungan wisata baik ke dalam maupun ke luar negeri akan meningkat.

Mengantisipasi lonjakan penumpang di akhir tahun 2018, sebuah perusahaan informasi perjalanan dan kegiatan wisata bernama OAG yang berbasis di Inggris membuat sebuah penelitian mengenai bandara-bandara di dunia yang disinyalir menjadi bandara tersibuk menyambut libur Natal dan Tahun Baru. Bandara Soekarno-Hatta keluar menduduki peringkat ke-6 sebagai bandara tersibuk dalam rangka menutup tahun 2018 menurut catatan jumlah penumpang.

Melansir DailyMail.co.uk, Selasa (11/12/2018), Bandara Internasional Beijing disebutkan bakal menjadi bandara tersibuk nomor satu menjelang malam Natal dengan jumlah keberangkatan dan kedatangan penumpang mencapai 1,688,391 orang.

Data ini dikumpulkan berdasarkan jumlah booking kursi pesawat penerbangan domestik dan internasional yang dibukukan dari 450 bandara di seluruh dunia selama tanggal 21 hingga 25 Desember 2018.

Soekarno-Hatta
Soekarno-Hatta Terminal 3

Selain China, menurut rangking bandara tersibuk menyambut libur Natal dan Tahun Baru 2018 versi OAG, terdapat 10 besar bandara lain dengan jumlah penumpang lebih dari satu juta orang. Di belakang Bandara Beijing, terdapat Bandara Internasional Dubai dengan perkiraan jumlah penumpang 1,581,362 orang.

Disusul, Bandara Hartsfield-Jackson Atlanta dengan 1,485,065 penumpang. Bandara Internasional Haneda Tokyo, 1,445,600 penumpang. Bandara Internasional Los Angeles, 1,403,650 penumpang. Bandara Internasional Soekarno-Hatta, 1,297,949 penumpang. Bandara Internasional Hong Kong, 1,261,443 penumpang.

Bandara Internasional O’Hare Chicago, 1,222,973 penumpang. Bandara Internasional Pudong Shanghai, 1,215,000 penumpang. Sementara itu, Bandara Changi Singapore diperkirakan akan dilewati 1,191,979 penumpang. Terakhir, Bandara Heathrow London dengan 1,188,741 penumpang.

Data tersebut juga mencatat pembagian jumlah penumpang menurut jadwal keberangkatan dan kedatangan penumpang. Menurut catatan, selama lima hari dari tanggal 21 hingga 25 Desember 2018, Bandara Soekarno-Hatta akan memberangkatkan penumpang sebanyak 645.768 orang. Sementara, dalam kurun hari yang sama, jumlah kedatangan penumpang diperkirakan mencapai 652.181 orang.

Jumlah kedatangan dan keberangkatan di Bandara Soekarno-Hatta memang naik secara signifikan berkat pembenahan sejumlah fasilitas. Dalam beberapa tahun terakhir, Bandara Soekarno-Hatta telah menjelma menjadi bandara internasional yang sangat ramai.

Diikuti oleh pembukaan Terminal 3 pada Agustus 2016 silam, Bandara Soekarno-Hatta terus berekspansi mengembangkan sarana dan prasarana. Tak hanya itu, peningkatan jumlah maskapai internasional dan rute perjalanan luar negeri pun turut berperan serta.

Menutup tahun 2018, pengelola Bandara Soekarno-Hatta mentargetkan trafik keberangkatan dan kedatangan sebanyak 70 juta penumpang. Angka ini tentu saja bukan suatu hal yang muluk-muluk.

Mengingat, Bandara Soekarno-Hatta telah dilalui tidak kurang dari 63,015,620 penumpang penerbangan domestik dan internasional selama tahun 2017 silam. Angka ini menempatkan Bandara Soekarno-Hatta pada peringkat 17 bandara tersibuk di dunia sepanjang tahun 2017.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Mungkin kamu juga suka

Jihane Almira, Runner Up 2 Puteri Indonesia 2020 yang Suka Wisata Adventure

Kontes kecantikan Puteri Indonesia 2020 belum lama ini selesai digelar. Ayu Maulida Putri dinobatkan sebagai pemenang dalam kontes tersebut.

Indonesia Resmi Batasi Kunjungan Masuk dan Keluar China

Indonesia resmi membatasi kunjungan masuk dan keluar China. Kebijakan ini dikeluarkan menyusul merebaknya virus corona yang notabene-nya berasal dari Negeri Tirai Bamb.

Hagia Sophia, Ikon Kota Istanbul dengan Desain yang Menakjubkan

Nama kota Istanbul rasanya tak dapat dipisahkan dari kemegahan dan sejarah panjang Hagia Sophia. Bangunan ini sudah sejak lama menjadi ikon kota Istanbul bersanding dengan...

Romantis! Ungkapkan Sayang di Hari Valentine dengan Coklat Rasa Mawar

Banyak cara dilakukan untuk mengungkapkan kasing sayang, baik terhadap pujaan hati, orang tua maupun sahabat. Diantara banyak cara yang acap kali dipilih,...

Festival Budaya Isen Mulang (FBIM) Bikin Melancong ke Kalteng Semakin Asyik

Sibuk Liburan -Sahabat Silir berencana traveling ke Kalimantan Tengah (Kalteng) dalam waktu dekat? Sibuk Liburan menyarankan untuk bertandang ke propinsi tersebut pada...

Terbaru

STEP BY STEP: Cara Membuat Paspor Online Indonesia

Paspor merupakan dokumen penting yang harus dimiliki Sahabat Silir jika ingin bepergian ke luar negeri. Paspor sendiri adalah...

Karena Virus Corona, Udara Jadi Lebih Bersih

Selalu ada hikmah di balik sebuah peristiwa. Barangkali ini pula ungkapan yng cocok untuk menggambarkan situasi saat ini, di mana dunia sedang...

Gara-gara KLB Corona, Pasar Klewer Solo Sepi

Terimbasnya virus corona ke Indonesia membawa banyak konsekuensi. Bukan saja soal jatuhnya korban jiwa maupun pasien yang terkena virus yang diklaim berasal...

8 Tempat Wisata Indonesia yang Wajib Dikunjungi Tahun 2020

Indonesia dikenal sebagai negara yang besar, bukan saja karena jumlah penduduknya yang banyak, melainkan juga lantaran banyaknya kekayaan alam dan budaya yang...

Aneh tapi Nyata! Wine Mengalir di Keran Warga di Italia

Umumnya keran yang tersambung ke rumah akan berisi aliran air bersih untuk kepentingan sehari-hari. Namun, kejadian satu ini aneh bin ajaib!

STEP BY STEP: Cara Membuat Paspor Online Indonesia

Paspor merupakan dokumen penting yang harus dimiliki Sahabat Silir jika ingin bepergian ke...

Karena Virus Corona, Udara Jadi Lebih Bersih

Selalu ada hikmah di balik sebuah peristiwa. Barangkali ini pula ungkapan yng cocok...

Gara-gara KLB Corona, Pasar Klewer Solo Sepi

Terimbasnya virus corona ke Indonesia membawa banyak konsekuensi. Bukan saja soal jatuhnya korban...

8 Tempat Wisata Indonesia yang Wajib Dikunjungi Tahun 2020

Indonesia dikenal sebagai negara yang besar, bukan saja karena jumlah penduduknya yang banyak,...