Takut Naik Pesawat? Lakukan Lima Hal Berikut Untuk Mengatasinya

Beberapa orang dengan permasalahan aviophobia (takut naik pesawat) dan klaustrofobia (takut ruang tertutup) akan sangat tidak nyaman jika harus menaiki jenis transportasi udara ini.

Sibuk Liburan – Meskipun moda transportasi pesawat begitu umum digunakan pada zaman sekarang, sayangnya masih ada beberapa orang yang takut menaiki burung besi ini. Padahal, pesawat mampu mempersingkat waktu perjalanan dibandingkan melalui darat.

Beberapa orang dengan permasalahan aviophobia (takut naik pesawat) dan klaustrofobia (takut ruang tertutup) akan sangat tidak nyaman jika harus menaiki jenis transportasi udara ini. Ditambah beberapa orang juga memiliki pengalaman atau trauma yang berkenaan dengan pesawat terbang.

Boarding pesawat

Apabila Sahabat Silir adalah salah satu orang yang mengalami ketakutan tersebut, berikut kami berikan lima cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi hal tersebut:

Memilih Maskapai Penerbangan Terpercaya

Semua pilot dan pengendali lalu lintas udara yang sudah diperbolehkan mengoperasikan penerbangan adalah orang-orang yang sudah melalui serangkaian pelatihan yang ketat.

BACA JUGA: Soekarno-Hatta Peringkat 6 Bandara Tersibuk Menyambut Libur Natal dan Tahun Baru

Sebelum keberangkatan, pesawat komersial biasanya telah melalui perawatan dan pemeriksaan oleh teknisi yang berlisensi. Meski begitu, jika masih ragu Sahabat Silir bisa memilih salah satu maskpai penerbangan yang memang terkenal baik dalam melayani rute penerbangan.

Membekali Diri dengan Pengetahuan Tentang Pesawat

Sahabat Silir disarankan agar tidak panik saat merasakan goncangan akibat turbulensi, karena hal itu sangatlah normal. Pesawat komersial sudah dirancang sedemikian rupa agar aman melayang di udara. Bahkan meski mesin mati pada ketinggian tiga ribu kaki, pesawat masih tetap dapat terbang hingga 100 mil.

Membuang Pikiran Buruk

Pada dasarnya cemas dan bahaya sukar dibedakan karena tubuh memberikan reaksi yang sama saat merasakan keduanya. Sayangnya, rasa cemas berlebih umumnya selalu diiringi dengan hal yang berbanding terbalik ke depannya. Jika sudah demikian, tentu Sahabat Silir akan merasa rugi, karena telah memikirkan kecemasan yang tidak berarti.

Mengatur Nafas

Menahan otot bokong yang dikombinasikan dengan kontraksi otot diyakini efektif dalam membantu mengurangi rasa gelisah. Hal ini dilakukan guna memblokir sinyal gelisah dari otak menuju syaraf tulang belakang.

Berusaha Bersantai Selama Penerbangan

Selama penerbangan, usahakan untuk bersantai dengan menikmati berbagai kegiatan yang dapat mengalihkan rasa takut. Sahabat Silir bisa menonton, mendengarkan musik, membaca buku hingga makan dan minum. Pikirkan juga sejumlah wacana seru yang bisa dilakukan Sahabat Silir setibanya di tempat tujuan.

[td_smart_list_end]

Pesawat

Beberapa orang mungkin terpaksa harus menghadapi ketakutan mereka saat menaiki pesawat, dikarenakan terdesak suatu kebutuhan seperti urusan perjalanan bisnis atau sebagainya.

Jangan ragu untuk mengutarakan rasa takut Sahabat Silir kepada kru kabin yang bertugas agar mereka dapat membantu Sahabat Silir melalui penerbangan dengan lebih nyaman.

Faktanya menurut NBC News Amerika Serikat yang dikutip dari KOMPAS (31/08/2018), pesawat adalah transportasi nomor dua paling aman setelah eskalator dan elevator dengan potensi perbandingan korban insiden 1:11 juta orang.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Mungkin kamu juga suka

Terbaru