5 Tempat di Danau Toba yang Sangat Menarik Untuk Dikunjungi

Saat mendengar Danau Toba, mungkin yang banyak terbayang di benak orang Indonesia adalah cerita rakyat tentang ikan nila yang menjadi asal muasal terbentuknya genangan air alam ini.

Sibuk Liburan – Saat mendengar Danau Toba, mungkin yang banyak terbayang di benak orang Indonesia adalah cerita rakyat tentang ikan nila yang menjadi asal muasal terbentuknya genangan air alam ini. Faktanya cekungan air ini terbentuk akibat bentukan vulkanik dan merupakan yang terbesar di dunia.

Danau Toba merupakan salah satu keindahan alam yang menjadi ikon dari wilayah Kepulauan Samosir. Uniknya di tengah danau terdapat pulau yang luasnya hampir sebesar Singapura. Danau ini juga merupakan danau terdalam yang diperkirakan kedalamannya bisa mencapai 505 meter.

Dengan sejumlah keunikannya, tempat ini menawarkan beberapa destinasi yang bisa Sahabat Silir kunjungi. Berikut adalah lima rekomendasi tempat menarik di wilayah Danau Toba:

Pulau Sibandang

Pulau ini dikenal sebagai tempatnya para bidadari tertidur dengan lelap. Keindahan alamnya yang masih belum banyak terjamah dan terekspos media membuat tempat ini masih cukup tenang dan sepi. Tak hanya keindahan alamnya saja yang memikat, Sahabat Silir bahkan bisa mencicipi mangga manis yang segar di tempat ini.

Pantai Lumban Silintong Balige

Danau Toba
Danau Toba

Sejak janji penguatan potensi wisata oleh pemda setempat, Pantai Lumban Silintong diperkirakan akan menjadi destinasi wisata favorit lainnya yang menarik banyak wisatawan. Uniknya meski berada di tepian danau, tempat ini tetap dinamakan sebagai pantai.

Sahabat Silir bisa bertandang di Kafe Terapung Balige sembari menyantap menu khas Batak. Tak kalah menarik, bocah pencari koin akan memperagakan skill menyelam saat pengunjung melemparkan uang receh ke dalam danau.

Holbung Samosir

Berkunjung ke Danau Toba, para pengunjung rupanya tak hanya sekedar disuguhkan dengan pilihan wisata airnya saja. Holbung Samosir menawarkan trek perbukitan untuk didaki dengan keindahan hijau rerumputan yang dikelilingi oleh birunya Danau Toba.

Bukit ini bahkan disebut oleh penduduk setempat sebagai Bukit Teletubbies karena lokasinya yang menyerupai tayangan televisi anak asal Inggris tersebut.

Tanjung Unta

Tanjung Unta
Tanjung Unta

Saat melakukan kunjungan ke Kabupaten Simalungun, tepatnya Parapat, Sahabat Silir bisa mengunjungi tanjung dengan panorama yang indah dan unik. Tanjung unta dinamakan demikian oleh Wakil Presiden Pertama Moh. Hatta karena bentuknya yang menyerupai unta yang sedang tidur.

Air Terjun Sipiso Piso

Berlokasi di Desa Tongging, air terjun ini memiliki ketinggian yang air yang mencapai 120 meter dari ketinggian 1.300 meter di atas permukaan laut. Air terjun Sipiso Piso merupakan air terjun tertinggi di Indonesia. Derasnya hujaman air membuat semburat pelangi dapat terlihat dengan elok di tengah teriknya matahari.

Masih ada begitu banyak tempat menarik lainnya di kawasan Danau Toba yang dapat disambangi oleh Sahabat Silir. Sebagian besar destinasi memang didominasi dengan trek perbukitan, air terjun dan tepian danau. Meski begitu, tiap tempat menawarkan keunikan dan ceritanya masing-masing yang dapat membuat Sahabat Silir kagum.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Mungkin kamu juga suka

Terbaru