Tempat Wisata Menarik Untuk Liburan Lebaran di Jogja

Salah satu tempat yang termasuk selalu padat didatangi pengunjung di hari libur lebaran adalah Jogja.

0
268
Liburan Lebaran di Jogja

Sibuk Liburan – Saat musim liburan Idul Fitri, banyak tempat wisata begitu padat. Nah, salah satu tempat yang termasuk selalu padat didatangi pengunjung di hari libur lebaran adalah Jogja. Berjuluk daerah istimewa, Yogyakarta memang menawarkan begitu banyak pesona wisata, mulai dari kuliner, alam pegunungan, panorama pantai, pesisir, wisata sejarah dan budaya hingga wisata bernuansa air.

Apabila Sahabat Silir kebetulan masih bingung menentukan tempat berlibur di Jogja dan sekitarnya, berikut Sibuk Liburan berikan beberapa rekomendasi tempat wisata menarik untuk liburan Lebaran di Kota Gudeg.

Jogja memiliki bentang alam yang begitu indah dan lengkap, mulai dari pegunungan, tebing, goa hingga pantai. Sabahat Silir bisa mengawali tour ke Jogja dari sisi utara dengan mengikuti lava tour Merapi. Melalui tour ini, Sahabat Silir akan diajak berpetualang melewati beberapa titik yang menjadi jalur letusan erupsi Merapi, terutama pada erupsi Merapi 2010 silam.

Tour akan dilakukan dengan menunggang kendaraan advanture seperti Jeep yang memang dikenal lihai melibas medan ganas, seperti bebatuan, tanjakan, hingga berpasir. Sahabat Silir dipastikan akan terpana dengan keindahan gagahnya Merapi sekaligus mengambil pelajaran hidup dari mengunjungi tempat-tempat tersebut.

Candi Prambanan

Bergeser ke bawah, Sahabat Silir bisa coba mengunjungi Candi Prambanan dan Istana Ratu Boko. Dua destinasi wisata ini dapat dikunjungi sekaligus melalui paket khusus. Saat bertandang ke Candi Prambanan, Sahabat Silir bisa mengambil paket yang khusus sekaligus menuju istana Ratu Boko yang berjarak beberapa kilometer di selatannya. Kedua bangunan heritage tersebut merupakan maha karya bangsa Indonesia di masa lalu dan sebagai bukti di masa lalu Hindu memainkan peranan penting dalam kehidupan di masyarakat.

Jalan Malioboro

Puas melancong ke kawasan bersejarah tersebut, pada hari berikutnya Sahabat Silir bisa coba melangkahkahkan kaki ke pusat kota Jogja, yaitu ke Malioboro. Tak lengkap bukan jika ke Jogja tetapi tidak mampir ke Malioboro. Di tempat ini, Sahabat Silir bisa berbelanja batik dan aneka pernak-pernik khas Jogja.

Pasar Bering Harjo

Harga-harga di tempat ini relative mahal, tetapi jika Sahabat Silir ingin mendapatkan harga yang lebih terjangkau, masuklah ke pasar Bering Harjo. Di pasar tradisional terbesar di Kota Pelajar tersebut, Sahabat Silir bisa berbelanja beragam barang mulai dari makanan, pakaian bahkan aneka jamu tradisonal.

Pantai Parangtritis

Petualang selanjutnya bisa dilanjutkan ke arah selatan, ke kawasan ‘perairan’. Sahabat Silir bisa menghirup udara pesisir dengan bertandang ke Pantai Parangtritis. Pantai ini begitu terkenal di kalangan wisatawan baik lokal maupun mancanegara. Deburan ombak besar dan suasana pantai yang kini ditata cukup apik cukup menjadi magnet untuk membuat pengunjung datang ke tempat ini.

Selain Parangtritis, Jogja sebenarnya memiliki banyak pantai menawan indah lainnya. Deretan pantai berpasir putih dapat dijumpai di pesisir wilayah Gunung Kidul. Salah satuanya adalah Pantai Sepanjang yang menawarkan hamparan pasir pantai putih begitu luas. Selain itu juga ada Pantai Drini, Krakal, Kukup dan Baron. (y)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here