Wajib Dikunjungi, Tempat Wisata Populer di Semarang

Bicara soal wisata di Jawa Tengah, Solo tampaknya menjadi nomor satu. Keberadaan keraton Kasunanan Surakarta lengkap dengan aneka wisata di sekitarnya, termasuk kulinernya yang terkenal enak membuat kota ini memiliki kesan tersendiri bagi pelancong.

Meski demikian, propinsi yang dipimpin oleh Ganjar Pranowo ini memiliki destinasi wisata lain yang tak kalah menarik. Apalagi kalau bukan Semarang—yang tak lain merupakan Ibu Kota Jawa Tengah itu sendiri. Melalui artikel berikut, Sibuk Liburan akan mengajak Sahabat Silir mengenal tempat wisata yang populer di Semarang.

Kota Lama Semarang sepertinya menjadi tempat yang wajib Sahabat Silir kunjungi saat bertandang ke kota ini. Seperti namanya, kawasan ini merupakan salah satu sudut kota tua di Semarang. Peninggalan Belanda tampak jelas terlihat di kawasan ini, berupa bangunan-bangunan.

Kota Lama Semarang

Tempat ini acap kali menjadi pilihan para fotografer untuk membidik foto. Arsitektur bangunan Belanda yang khas merupakan objek foto yang menarik. Apalagi Gereja Blenduk yang menjadi daya tarik utamanya.

Gereja Blenduk

Gereja ini memiliki atap berbentuk kubah yang elok sekaligus unik. Sahabat Silir bisa mengabadikan momen berkunjung ke tempat ini dengna berfoto di Taman Srigunting yang berada di depan gereja. Dari tempat tersebut, Sahabat Silir akan mendapatkan view berlatar Gereje Blenduk.

Melengkapi sesi foto-foto, jangan lupa kenakan topi bundar atau Sepeda tua yang bisa disewa agar kesan ancient lebih kental. Masih dengan suasana klasik, Kafé Spiegel sepertinya menjadi tempat kuliner yang juga wajib didatangi. Ditempat ini, Sahabat Silir akan menjumpai suasana café ala zaman kolonial.  

Nuansa Belanda masih bakal Sahabat Silir jumpai saat bertandang ke Lawang Sewu. Tempat ini kerap disebut angker. Hal tersebut memang tidak terlepas dari sejarah tempat itu sendiri di masa lalu.

Lawang Sewu

Berjuluk Lawang Sewu atau pintu seribu, bangunan ini di masa dahulu merupakan kantor pusat Indische Spoorweg Maatscappij (NIS) atau perusahaan yang bertugas membangun jalur kereta api  Semarang dengan Solo dan Jogja. Bangunan tua ini dibangun pada 1904 llau dan memiliki bentuk yang unik dengan jumlah jendela dan pintu sangat banyak.

Tak mengherankan jika kemudian muncul julukan Lawang Sewu. Julukan itu sebenarnya tak merepresentasikan jumlah nyata pintu di bangunan ini, karena sebenarnya jumlah pintu hanya 429 unit. 

Dari peninggalan era kolonial bergeser ke sebuah bangunan tempat ibadah yang megah dan istimewa. Namanya adalah Masjid Agung Jawa Tengah. Keistimewaan bangunan masjid ini terletak pada 6 payung elektrik di serambi yang membuatnya mirip dengan Masjid Nabawi. Biasanya payung berdiameter 14 meter itu dibuka saat sholat Idul Fitri atau Idul Adha.

Masjid Agung Jawa Tengah

Hal menarik lainnya dari masjid ini adalah desain pilar-pilarnya yang menyerupai Coloseum di Kota Roma, Italia. Jumlah pilar tersebut mencapai 25 buah. Bukan tanpa alasan jumlah tersebut dipilih, melainkan hal itu representasi dari jumlah nabi dan rasul yang wajib diketahui dalam Islam.

Unsur Jawa dan Arab pun tak ketinggalan hadir di masjid ini. Hal tersebut tampak dari tulisan ‘Sucining Guno Gapuraning Gusti’ dalam huruf Arab Melayu daan terdapat pula dua kalimat syahadat.

Unsur Jawa dan Arab pun tak ketinggalan hadir di masjid ini. Hal tersebut tampak dari tulisan ‘Sucining Guno Gapuraning Gusti’ dalam huruf Arab Melayu daan terdapat pula dua kalimat syahadat.

Saat bertandang ke masjid ini sempatkan naik ke menara setinggi 99 meter agar dapat melihat lanskap kota Semarang dari ketinggian. Tinggi menara tersebut merupakan representasi dari Asmaul Husna.

Nah, demikianbeberpa tempat wisata populer di Semarang. Semoga bisa menjadi rujukan saat Sahabat Silir berkunjung ke kota yang masyur dengan kuliner lumpia itu.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Mungkin kamu juga suka

Kiat Mencegah dan Mengatasi Jet Lag Saat Perjalanan Jauh

Sibuk Liburan - Jet lag adalah gangguan fisiologis pasca penerbangan akibat perubahan pada jam tubuh atau yang disebut dengan ritme sirkadian. Tingkat...

Menyusuri Keseruan di Setiap Sudut Tokyo Disneyland Jepang

Disneyland merupakan salah satu taman hiburan terkenal di dunia. Diprakarsai oleh Walt Disney yang merupakan Bapak Kartun Dunia, saat ini terhitung ada 6 Disneyland yang...

Menengok Canggihnya Kota Shenzhen, Kota Paling Futuristis di China

Sibuk Liburan - Dibandingkan Beijing, Shenzhen merupakan kota yang sangat belia. Siapa yang sangka, aktivitas ekonomi di kota tercanggih di China Selatan ini baru...

Taman Nasional Way Kambas, Rumah Perlindungan Berbagai Flora dan Fauna

Sibuk Liburan - Sebelum melirik berbagai lokasi wisata yang ada di luar negeri, ada baiknya Sahabat Silir menengok beberapa lokasi dalam negeri...

Pria dan Wanita Tak Lagi Dipisahkan di Restoran Arab Saudi

Sebagai negara yang masih menjunjung tinggi nilai-nilai syariat Islam, pemisahan gender merupakan hal yang lumrah ditemukan di Arab Saudi. Salah satunya adalah aturan pemisahan pria...

Terbaru

STEP BY STEP: Cara Membuat Paspor Online Indonesia

Paspor merupakan dokumen penting yang harus dimiliki Sahabat Silir jika ingin bepergian ke luar negeri. Paspor sendiri adalah...

Karena Virus Corona, Udara Jadi Lebih Bersih

Selalu ada hikmah di balik sebuah peristiwa. Barangkali ini pula ungkapan yng cocok untuk menggambarkan situasi saat ini, di mana dunia sedang...

Gara-gara KLB Corona, Pasar Klewer Solo Sepi

Terimbasnya virus corona ke Indonesia membawa banyak konsekuensi. Bukan saja soal jatuhnya korban jiwa maupun pasien yang terkena virus yang diklaim berasal...

8 Tempat Wisata Indonesia yang Wajib Dikunjungi Tahun 2020

Indonesia dikenal sebagai negara yang besar, bukan saja karena jumlah penduduknya yang banyak, melainkan juga lantaran banyaknya kekayaan alam dan budaya yang...

Aneh tapi Nyata! Wine Mengalir di Keran Warga di Italia

Umumnya keran yang tersambung ke rumah akan berisi aliran air bersih untuk kepentingan sehari-hari. Namun, kejadian satu ini aneh bin ajaib!

STEP BY STEP: Cara Membuat Paspor Online Indonesia

Paspor merupakan dokumen penting yang harus dimiliki Sahabat Silir jika ingin bepergian ke...

Karena Virus Corona, Udara Jadi Lebih Bersih

Selalu ada hikmah di balik sebuah peristiwa. Barangkali ini pula ungkapan yng cocok...

Gara-gara KLB Corona, Pasar Klewer Solo Sepi

Terimbasnya virus corona ke Indonesia membawa banyak konsekuensi. Bukan saja soal jatuhnya korban...

8 Tempat Wisata Indonesia yang Wajib Dikunjungi Tahun 2020

Indonesia dikenal sebagai negara yang besar, bukan saja karena jumlah penduduknya yang banyak,...