Tempat Wisata Unik di Dunia, Salah Satunya di Indonesia

Bicara soal tempat wisata memang tak ada habisnyja. Setiap destinasi wisata memiliki pesonanya masing-masing baik yang ada di Indonesia maupun dunia. Nah, kali ini Sibuk Liburan akan berbagi soal tempat wisata unik yang ada di Indonesia.

Menariknya, salah satunya ada di Indonesia lho! Di mana saja tempat tersebut, berikut ulasannya.

1
 Salar de Uyuni, Bolivia, Amerika Selatan

Tempat yang satu ini benar-benar unik bin ajaib! Bagaimana tidak, di tempat ini Sahabat Silir tampak seolah-olah merasakan langit dan dataran menyatu. Hal tersebut tak terlepas dari keberadaan Salar de Ayuni sebagai dataran garam terluas di dunia.

Tak tanggung-tanggung, luasnya mencapai 10 ribu kilometer. Tempat unik di dunia yang satu ini terletak di antara Potosi dan Oruro, dekat puncak Pegunungan Andes, Bolivia. Sepanjang tahun permukaan tempat ini kering lantaran tertutup lapisan garam. Oleh karena keunikannya tersebut, banyak turis datang ke tempat ini. 

2
Painted Dunes, Amerika Serikat

tempat wisata unik

Dunia ini memang diciptakan dengan berwarna-warni. Bukan hanya bunga dan dedaunan yang kaya warna, melainkan juga batuan. Painted Dunes adalah bukti nyata akan hal tersebut.

Berlokasi di dalam Lassen National Park, California, Painted Dunes merupakan hamparan batu apung beragam warna yang terbentuk akibat oksidasi abu vulkanik dari muntahan erupsi gunung berapi. Sahabat Silir yang ingin ke tempat tersebut, dapat melalui jalur khusus yang sudah dipersiapkan agar bisa melihat pemandangan bak lukisan dari ketinggian.

3
Goa Glowworm, Selandia Baru

Gelap dan seram, barangkali dua kata ini yang selalu dilayangkan saat ‘kata kunci’ goa diucapkan. Namun, nyatanya goa tak selalu demikian. Goa Glowworm di Waitomo, Selandia Baru misalnya, tampak begitu cantik bermandikan cahaya. Berada di dalamnya bak tengah berdiri di daratan berpayungkan bintang-bintang di malam hari.

Menariknya, bukan dari lampu atau cahaya buatan yang membuat permukaan dalam goa terang, melainkan dari cacing (dalam nama latin arachnocampa luminosa). Dalam kegelapan, jenis cacing tersebut akan mengeluarkan cahaya berwarna hijau dan biru.

4
Gunung Ijen, Banyuwangi, Indonesia

Tak hanya di luar negeri, Indonesia juga punya tempat unik yang tiada duanya di dunia. Adalah Kawah Ijen yang berada di Banyuwangi, Jawa Timur, tempat wisata yang memancarkan api biru dari kawahnya.

Keindahan blue fire bisa disaksikan kala dini hari, sekitar pukul 02.00 hingga 04.00. Bukan saja dari keindahan cahaya birunya, Kawah Ijen juga masyur sebagai danau air asam terbesar di dunia, dengan luas kawah mencapai 5.466 hektare. Super besar bukan?!

Dari beberapa nama tersebut, apakah Sahabat Silir sudah pernah mengunjunginya? Jika belum, tak ada salahnya mulai menjelajah dari negeri sendiri, tepatnya dari Kawah Ijen. Temukan keindahan blue fire dan rasakan sensasi naik turun gunung kala dini hari ‘berselimutkan’ dingin. (y)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Mungkin kamu juga suka

Terbaru