Tentang Gunung Tianmen: Di Balik Sebutan Jalan Menuju Surga

Zhangjiajie yang merupakan bagian dari UNESCO World Heritage State berkat keindahan alamnya dengan lanskap gunung, gua dan hutan.

0
1993
Tianmen
Tianmen

Sibuk Liburan – Tak hanya unggul dalam hal berniaga maupun teknologi, China juga memiliki kelebihan dalam sektor pariwisata. Negara dengan populasi terbesar di dunia ini memiliki banyak destinasi wisata kelas dunia. Salah satunya adalah Zhangjiajie yang merupakan bagian dari UNESCO World Heritage State berkat keindahan alamnya dengan lanskap gunung, gua dan hutan.

Berkat keindahan itu, munculah julukan Gunung Gerbang Surga atau Heavens’s Gate Mountain. Gunung yang dalam bahasa Mandarin disebut Tianmen Shan ini memiki pesona yang sulit diungkapkan dengan kata-kata.

Tianmen
Tianmen

Di kawasan ini terdapat sebuah jalan yang berliku-liku tajam yang orang sering katakana sebagai  Jalan Menuju Surga. Mengapa bisa disebut demikian? Sibuk Liburan akan mengajak Sahabat Silir  mengungkap misteri di balik sebutan Jalan Menuju Surga tersebut.

Jalan yang oleh orang Inggris katakana sebagai Heaven-Linking Avenue atau Avenue Toward Heaven itu juga kerap disebut sebagai Big Gate Road atau Jalan Gerbang Besar. Disebut demikian lantaran di Tianamen Shan terdapat seuah gerbang atau lubang raksasa. Lubang ini disebut-sebut sebagai lubang terbesar di dunia.

Fenomena alam yang tak ada duanya di dunia ini terletak di dinding Tianmen Shan, sekitar 8 kilometer dari Kota Zhangjiajie—yang merupakan bahian dari Provinsi Hunan.

Peristiwa terbentuknya lubang raksasa itu sendiri terjadi apda 263 m. Saat itu, China berada pada masa pemerintahan raja Wujing. Pada zaman tersebut, di wilayah itu terdapat sebuah gua bernama Shongliangshan.

Gua itu berada tepat di belakang dinding gunung Tianmen dan roboh. Akibatnya, munculah sebuah lubang raksasa. Sejak saat itulah, gunung itu disebut oleh masyarakat sekitar sebagai Tianmen Shan.

Pengunjung yang ingin menuju gunung tersebut harus melewati anak tangga dulu sejumlah 999 buah. Sebelum mendapati tangga itu, Sahabat Silir terlebih dahulu harus melewati jalan yang disebut Jalan Gerbang Besar denan 99 kelokan. Bisa dibayangkan kelokan sebanyak itu?! Tentu, ini sangatt ekstrem.

Zhangjiajie yang merupakan bagian dari UNESCO World Heritage State berkat keindahan alamnya dengan lanskap gunung, gua dan hutan.

Tak mengherankan kelokan 99 ini pun diklaim sebahai jalan paling bahaya di Negeri Tirai Bambu. Tak hanya berkelok, jalanan itu juga menanjak. Jalan mengerikan itu dimulai dari ketinggian 200 meter di bawah permukaan laut dan puncaknya berada pada ketinggian 1300 meter di atas permukaan laut.

Meski tampak begitu mengerikan, tetapi dalam budaya China, angka 9 dipercaya sebagai keberuntungan. Mereka juga meyakini surga memiliki 9 tempat. Oleh karena itu, 99 kelokan itu pun dinamakan sebagai Jalan Menuju Surga.

Julukan ini memang tak berlebihan. Di balik keseraman kelokannya yang ekstrem dan menjulang, jalan yang dibangun sejak 1988 hingga 2006 itu menawarkan keindahan pemandangan alam menakjubkan di kanan kirinya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here