Tips Agar Naik Balon Udara di Cappadocia, Turki Aman dan Seru

Menggunakan balon udara, Sahabat Silir bisa menyaksikan keindahan kota yang dipenuhi dengan bebatuan itu.

Sibuk Liburan – Turki menawarkan ragam wisata yang menarik, mulai dari bergenre religi, budaya hingga panorama alam. Salah satu spot pemandangan alam yang mekjubkan di Turki adalah Cappadocia. Nama yang baru saja disebut sebenarnya adalah sebuah kota, tetapi memiliki keunikan pada bentang alamnya yang dipenuhi dengan gunung bebatuan. Berkat bentang alamnya itu, Cappadocia acap kali disebut sebagai ‘kota batu’.

Disebut kota batu lantaran kota ini memang dipenuhi denan batu yang dipahat oleh bangsa Het dari Hitties dan diperkirakan sudah berusia lebih dari tiga ribu tahun. Keunikan kota ini terletak pada struktur kota bawah tanah atau underground city. Bangunan bertingkat hingga 11 ke bawah.

Hal ini unik, mengingat di banyak tempat, bangunan tingkat justru ke atas bak menjulang langit. Oleh karena keunikan yang dimiliki, tak mengherankan jika Cappadocia ditetapkan sebagai salah satu World Heritage Site yang ditetapkan oleh UNESCO. Kini, sebagai salah satu destinasi favorit, keindahan Cappadocia tidak hanya bisa dinikmati dari permukaan atau bawah tanah (sebagai underground city), melainkan juga bisa dilihat dari ketinggian.

Cappadocia
Cappadocia

Menggunakan balon udara, Sahabat Silir bisa menyaksikan keindahan kota yang dipenuhi dengan bebatuan itu. Nah, agar Sahabat Silir tidak belakukan blunder saat menaiki balon udara, berikut Sibuk Liburan bagikan tips agar naik balon udara di Cappadocia, Turki aman dan seru.

1
Pastikan Naik Balon Udara di Operator Terpercaya

Reputasi memang penting dalam memberikan layanan menjadi bahan pertimbangan penting bagi para pengguna produk atau jasa. Hal ini pula berlaku saat memilih operator balon udara di Cappadocia. Sebelum menikmati keindahan ‘kota batu’ tersebut dari ketinggian, pastikan hanya memilih operator yang terpercaya.

Sahabat Silir bisa berselancar dulu di dunia maya alias browsing untuk mencari operator yang reputable dan menyediakan tour naik balon udara. Dengan demikian, operator tersebut sudah memiliki standar keamanan saat mengoperasikan balon udaranya, sehingga risiko kecelakaan bisa ditekan.

2
Longgarkan Waktu Lebih Lama

Naik balon udara adalah bagian dari advanture tour, sehingga kondisi alam sangat berpengaruh. Pada saat cuaca tidak bersahabat, sudah pasti operator tak akan menerbangkan balon udaranya. Oleh karena itu, agar Sahabat Silir tidak kecewa jauh-jauh bertandang ke Cappadocia, tetapi tak dapat menikmati keindahannya dari atas, sebaiknya luangkan waktu lebih banyak di tempat ini.

Dengan demikian, saat Sahabat Silir gagal ‘mengudara’ di hari pertama, masih ada peluang terbang di hari berikutnya. Apabila beruntung cuaca begitu bagus, dengan meluangkan lebih banyak waktu, tentu Sahabat Silir pun akan lebih puas menikmati keindahan Cappadocia.

3
Taati aturan operator

Masih berkaitan dengan tips yang kedua,untuk menaiki balon udara, pastikan Sahabat Silir bisa menaati aturan yang diterapkan operator. Aturan tersebut diantaranya adalah instruksi dari pilot saat akan mendarat agar balon udara bisa landing dengan sempurna tanpa membuat satu pun penumpang cedera. Biasanya pilot akan menginstruksikan penumpang untuk mengambil posisi badan tertentu atau memgang tali dengan kuat agar pendaratan balon udara bisa sempurna.

Selain itu, operator atau dalam hal ini pilot selaku pengendali balon udara bisa memangkas waktu terbang dari yang telah dijadwalkan, karena alasan perubahan cuaca. Apabila sudah terlanjur terbang dan cuaca memburuk, maka operator akan mengambil langkah sigap dengan segera mendaratkan balon terbangnya. Sahabat Silir pun harus mengiyakan hal tersebut daripada terjadi hal-hal tak diinginkan yang berpengaruh pada keselamatan.

Demikian beberapa tips agar naik balon udara di Cappadocia, Turki aman dan seru. Semoga bermanfaat dan selamat berlibur! (y)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Mungkin kamu juga suka

Terbaru