Tips Agar Tetap Prima Saat Traveling

0
400

Traveling sejatinya merupakan kegiatan bersenang-senang untuk mengembalikan kesegaran jasmani dan rohani seseorang. Menyikapi hal tersebut, sudah seharusnya jika saat melakukan traveling tubuh pun dalam kondisi prima. Sayang sekali, fenomena kecapekan atau bahkan jatuh sakit saat traveling kerap terjadi. Agar hal ini tak terjadi pada Sahabat Silir, Sibuk Liburan akan berbagi tips agar tetap prima saat traveling.

Mencegah lebih baik daripada mengobati. Pepatah lama ini bukan isapan jempol belaka dan justru sangat berlaku dalam kegiatan traveling. Sebaiknya jika ingin berpiknik, perhatikan faktor daerah tujuan apakah berpengaruh atau tidak terhadap riwayat kesehatan yang dimiliki. Sebagai contoh, para penderita asma dan alergi dingin sebaiknya menghinari traveling ke kawasan pegunungan yang terlalu dingin. Apabila ingin tetap pergi, pastikan dokter pribadi Sahabat Silir sudah memberikan obat untuk mencegah penyakit kambuh sewaktu-waktu.

Komunitas Traveling
Komunitas Traveling

Demikian halnya bagi Sahabat Silir yang sensitif terhadap terik matahari, sebaiknya siapkan perlengkapan sebelum pergi ke pantai. Pada beberapa orang yang jarang terpapar sinar matahari langsung, mendadak terpapar sinar matahari langsung dalam waktu yang cukup lama bisa mengakibatkan pusing. Oleh karena itu, alangkah baiknya untuk menyediakan penutup kepala seperti topi atau payung.

Kedua, bawalah obat-obatan seperti anti sakit kepala, obat merah, obat anti mabok atau minyak angin untuk mengatasi keluhan-keluhan ringan selama dalam perjalanan. Medan destinasi wisata yang berliku bisa saja membuat orang yang biasanya tahan mabuk kendaraan menjadi mendadak mabuk kendaraan. Mencegah hal tak mengenakan itu terjadi, tak ada salahnya jika sebelum melakukan perjalanan lebih baik mengkonsumsi obat anti mabok.

Tak kalah penting dari dua tips di atas adalah membawa vitamin C saat traveling. Apabila traveling dilakukan dalam waktu yang lama, 5-7 hari atau bahkan lebih, pastinya akan banyak tenaga yang terkuras. Oleh karena itu, agar tubuh tetap fit, tidak ada salahnya Sahabat Silir mengkonsumsi vitamin C untuk membantu daya tahan tubuh.

Mengingat vitamin C umumnya memiliki rasa asam, Sahabat Silir yang memiliki keluhan di lambungnya sebaiknya menggantinya dengan menggunakan  madu. Bawalah madu dalam tas ransel atau tas tenteng Sahabat Silir agar bisa dikonsumsi setiap saat atau saat sedang jam makan.

Satu lagi, tips sederhana namun sangat penting untuk menjaga kebugaran badan selama traveling adalah menjaga kualitas tidur. Pada beberapa orang, tidur sulit dilakukan jika tidak dilakukan di atas tempat tidur. Namun, bagi beberapa orang lainnya, tidur dapat dilakukan di mana saja, termasuk dalam perjalanan.

Nah, orang dengan kategori kedua ini sangat diuntungkan saat traveling. Pasalnya, mereka bisa tetap memiliki waktu tidur yang cukup meski melakukan banyak perjalanan. Dengan demikian, saat hari H traveling badannya akan terasa segar dan bisa menikmati suguhan pemandangan atau atraksi di tempat tujuan wisata.

Demikian beberapa tips agar tetap prima saat traveling versi Sibuk Liburan. Selamat mencoba dan selamat berpetualang! (y)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here