Tips Aman Bagi Solo Traveler Pemula

Kini semakin populer, tak sedkit orang yang lebih menggandrungi piknik seorang diri atau lebih lazim disebut dengan solo traveling.

0
426
Solo Traveling
Solo Traveling

Tips Aman Bagi Solo Traveler PemulaBagi sebagian orang traveling bersama-sama lebih asyik. Selain karena di sepanjang perjalanan bisa bercanda bersama, piknik bersama juga lebih seru. Namun, tak sedkit orang yang lebih menggandrungi piknik seorang diri atau lebih lazim disebut dengan solo traveling.

Terdapat keasyikan tersendiri dengan melakukan traveling sendiri, seperti lebih puas menjelajah berbagai destinasi wisata favorit hingga tak perlu repot menunggu atau ditunggu oleh rombongan.

Nah, jika Sahabat Silir ingin coba melakukan solo traveling, tentu juga tidak ada salahnya. Memahami hal itu, Sibuk Liburan pun akan berbagi tips bagi solo traveler pemula.

Berbeda halnya dengan piknik bersama teman atau keluarga yang mungkin jika lupa membawa sesuatu, mereka bisa membant, tetapi sebagai solo traveler harus harus meng-handle semuanya sendirian. Oleh karena itu, sebelum berangkat pastikan semua barang penting sudah masuk di dalam ransel atau tas Sahabar Silir.

Solo Traveling
Solo Traveling

Mengingat bepergian sendiri, sebainya tak menggunakan tas atau ransel yang terlalu besar. Tentu saja, hal ini bertujuan agar memudahkan Sahabat Silir saat melakukan mobilisasi dari satu  tempat ke tempat lain. Selain berbagai barang pribadi yang tak boleh ketinggalan, travel vacuum bag atau plastik untuk memisahkan pakaian kotor dan bersih juga perlu dibawa. Dengan demikian, bau pakaian yang sudah digunakan tidak akan mencemari pakaian yang masih belum digunakan.

 Soal pakaian, gunakan pakaian yang nyaman dan hindari busana yang terlihat mencolok. Selain bakal membuat Sahabat Silir tak nyaman saat melancong, outfit yang mencolok membuat Sahabat Silir menjadi pusat perhatian. Beruntung jika yang memerhatikan adalah orang baik, tetapi bagaimana ceritanya jika sampai yang memerhatikan adalah pelaku kejahatan. Sangat berisiko bukan?!

Baca Juga: Cari Negara yang Ramah untuk Solo Traveling? Ini Daftarnya

Tak kalah penting dari persiapan di atas, solo traveler sebaiknya juga mengucapkan bahasa lokal di tempat tujuan. Hal ini mengingat bisa jadi orang di tempat tujuan tak bisa menggunakan bahasa Asing. Sekalipun hanya di Indonesia, tak menutup kemungkinan jika mereka juga tidak mengerti bahasa Indonesia. Oleh karena itu, penting rasanya membekali diri dengan beberapa bahasa atau kalimat dasar dengan bahasa lokal.

Satu lagi, mengingat Sahabat Silir adalah solo traveler pemula, sebaiknya tidak memberitahukan hal tersebut kepada khalayak, misalnya dengan membuat postingan di media sosial. Pasalnya, hal ini akan memicu peluang orang untuk mengetahui posisi Sahabat Silir. Apabila ada orang yang memanfaatkan kondisi ini, tentu akan sangat membahayakan diri Sahabat Silir.

Kalau pun harus mengabarkan tengah melakuakn solo traveling, pastikan hanya orang-orang terdekat dan terpercaya serta keluarga saja yang diberitahu. Langkah tersebut perlu dilakukan agar jika sewaktu-waktu terjadi sesuatu, ada keluarga atau orang terdekat yang mengetahuinya. 

Demikian beberapa tips aman bagi solo traveler pemula. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba merasakan sensasi bersolo traveling.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here