Tips Aman Piknik di Pantai Bersama si Kecil

0
272

Bermain dan berlibur bersama anak menjadi hal yang menyenangkan bagi setiap orang tua. Mengajak mereka bermain di mall, atau di wahana-wahana permainan mungkin sudah biasa dilakukan. Sesekali Sahabat Silir bisa coba mengajak si kecil berlibur ke pantai. Meski pantai bukan tampat wisata yang paling ramah bagi anak-anak, tetapi bukan berarti Sahabat Silir tak bisa menghabiskan bermain bersama mereka di tempat ini. Ada beberapa tips aman piknik di pantai bersama si kecil, sehingga Sahabat Silir. Berikut Sibukliburan.id bagikan tips tersebut.


Hal pertama yang harus diperhatikan adalah memperhatikan cuaca. Mengetahui informasi cuaca di pantai yang akan dikunjungi menjadi hal penting yang perlu dilakukan sebelum memutuskan mengajak buah hati melancong ke tempat tersebut. Saat musim ombak tinggi, sebaiknya tak memaksakan diri untuk tetap pergi ke pantai.


Tak kalah penting dari cuaca adalah soal pengenalan hewan-hewan berbahaya yang ada di sekitar pantai. Ada beberapa pantai yang menjadi habitat ubur-ubur dan bulu babi. Oleh karena itu, mengatahui hewan endemik di laut kawasan pantai yang akan dikunjungi juga penting. Dengan demikian, anak-anak saat bermain di bibir pantai tetap aman dan tak khawatir akan terkena sengatan hewan-hewan tersebut.


Membawa mainan seperti bola, atau alat masak-masakan—bagi anak perempuan juga bisa dilakukan. Dengan demikian, anak akan enjoy bermain di tengah ruang terbuka dan tak cepat merengek minta pulang. Oleh karena anak-anak dipastikan akan susah dikendalikan untuk tak bergulung-gulung di pasir pantai, ada baiknya Sahabat Silir membawa pakaian ganti.


Perlengkapan mandi anak juga penting untuk dibawa. Tujuannya, tentu usai puas bermain bisa mandi dengan bersih dan wangi. Di beberapa destinasi pantai, kini telah disediakan sarana bilas atau pemandian untuk anak lengkap dengan wahana-wahana permaiannya. Anak-anak biasanya suka ngemil. Mengingat hal itu, pastikan saat melancong ke pantai bersama mereka untuk tak lupa membawa camilan-camilan khas anak-anak.


Pengawasan orang tua menjadi hal yang paling penting di atas tips-tips di atas. Anak adalah harta paling berharga. Oleh karena itu, menjaga mereka harus tetap dilakukan sekalipun dalam kondisi mereka tengah senang bermain-main. Jangan sampai, karena membiarkan mereka asyik bermain, orang tua lengah terhadap bahaya yang mengintai, seperti terseret arus gelombang misalnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here