syarat reseller travel agent

Syarat Menjadi Reseller Travel Agent B2B Tanpa Perlu Ribet

Syarat reseller travel agent perlu kamu pahami dulu sebelum mulai usahanya. Berbeda dengan reseller produk fashion online yang bisa dikerjakan kapan saja dimana saja. Khusus untuk travel agent ini bukan hanya menjual, namun juga branding.

Tujuan utama kerja penjual adalah untung dari margin yang didapat. Memaksimalkan sebanyak-banyaknya target pasar supaya produktif dan aktif membeli. Jumlah atau kuantitas penjualan yang menentukan berapa besar untungnya.

Tetapi karena pekerjaan yang sekaligus sebagai bisnis ini diharapkan dapat bertahan lama, maka pengetahuan menyeluruh sangat dibutuhkan. Tidak perlu memiliki passion jalan-jalan keluar kota, luar negeri, cukup paham apa saja keperluannya.

Mampu memposisikan diri sebagai konsumen, maka pekerjaan sebagai reseller jadi mudah dijalankan. Berikut ini adalah syarat yang perlu dipenuhi pada saat kamu ingin memulai usaha dibidang travel.

 

7 Syarat Reseller Travel Agent

Tidak terlau ribet syarat yang diperlukan untuk memulai usaha bidang penjualan layanan liburan. Minimal kamu bisa menerapkan 5 syarat menjadi reseller travel agent dibawah ini, maka sudah dapat langsung mulai mengumpulkan profit.

1. Memahami Target Pasar

travel agency

Pertama yang wajib dipahami adalah target pasar. Kepada siapa kamu akan menawarkan produk layanan liburan, harus ditentukan sejak awal. Sehingga saat berjalannya bisnis sudah tepat kemana dan media apa yang akan digunakan.

Target pasar biasa ditentukan berdasarkan wilayah domisili, usia, jenis kelamin, minat, bakat serta kemampuan membayar. Kemampuan membayar ini biasa dikaitkan dengan pekerjaan atau profesi.

Kemampuan membayar masuk sebagai salah satu syarat reseller travel agent karena ini merupakan kebutuhan tersier. Bukan yang perlu segera dipenuhi seperti makan dan minum.

Masyarakat memiliki prioritas sendiri dalam hal ini. Dan nyatanya tidak sedikit juga yang memilih untuk menahan diri dari liburan demi memenuhi kebutuhan lebih penting.

Menentukan target pasar sebagai salah satu syarat reseller travel agent bisa dari yang paling utama. Yaitu penghobi traveling atau traveler, orang-orang dengan mobilitas tinggi, tempat penyewaan mobil, penyewaan penginapan dan sejenisnya.

2. Paham produk

Syarat menjadi reseller travel agent kedua adalah paham akan produk layanan. Ini merupakan syarat secara umum, dimana setiap menjual harus paham dulu apa yang ditawarkan kepada orang lain.

Bisa jadi pihak agent tidak memberikan training, hanya berupa brosur atau deskripsi produk di website resminya. Ini yang perlu dipelajari oleh calon reseller secara mandiri. Sebab akan menentukan tingkat keberhasilan promosi.

Tidak ada spesifikasi khusus latar belakang pendidikan untuk syarat reseller travel agent. Selama bisa paham produk layanan yang akan ditawarkan, memiliki target pasar jelas, maka sudah bisa ikut menjualkan.

3. Mampu memenuhi target

Reseller Travel Agency Terbaik

Menjadi kepanjangan tangan bagian penjualan perlu memiliki kompetensi mumpuni. Diantaranya adalah sanggup memenuhi target penjualan setiap bulan. Ini bukan hanya untuk kepentingan perusahaan induk semata.

Level penjual eceran juga pastinya butuh pencapaian untuk menutup modal berupa biaya promosi. Selain itu, jika berhasil memenuhi pencapaian target penjualan tiap bulan, tidak menutup kemungkinan mendapatkan bonus.

Bonus masuk menjadi keuntungan yang nantinya bisa digunakan untuk memenuh kebutuhan selain modal. Misalnya menambah aset reseller, memperluas lini bisnis sehingga kedepannya diperoleh keuntungan lebih besar lagi.

Komisi utama dari penjualan semakin besar jika volumenya juga banyak. Komisi ini akan masuk dalam perjanjian kontrak kerja. Dan dapat diperbarui jika berhasil mencatatkan angka penjualan tinggi.

Pihak perusahaan induk akan membaca bahwa reseller tersebut memiliki prestasi dan patut dipertahankan. Jadi merupakan keuntungan tersendiri apabila mampu memenuhi dan menyetujui syarat reseller travel agent.

4. Mempelajari dan Menyetujui Perjanjian

Menjadi penjual yang bekerja sama dengan pemilik produk asli perlu memenuhi semua perjanjian. Sebelum mengajukan diri sebagai reseller, kamu harus tahu apa saja peraturannya, kebijakannya, pembagian hasil dan sebagainya.

Termasuk apabila perusahaan menerapkan sanksi atas pelanggaran hak dan kewajiban. Jadi tidak sembarangan dalam bekerja. Ada tanggung jawab terhadap target perusahaan yang pada dasarnya nanti akan diupayakan bersama.

Misalnya terkait harga, syarat reseller travel agent harus mengikuti batas dari perusahaan, tidak diperkenankan menjual lebih murah dengan tujuan mendapat banyak konsumen. Ini akan sangat berpengaruh terhadap pasar nantinya.

Peraturan untuk tidak menyimpan sendiri layanan untuk kepentingan tertentu diluar ketentuan. Misalnya membeli voucher hotel sendiri dari harga perusahaan, kemudian menyimpannya untuk dijual pada periode selain promo.

Dari satu sisi ini mungkin menguntungkan, lebih banyak margin bisa didapat. Tapi berkaitan dengan pihak hotel secara langsung yang bisa jadi merugikan. Sanksi berat seperti pemutusan kerja sama bisa saja terjadi untuk kasus seperti ini.

5. Punya strategi penjualan

Consortia travel Agent di Indonesia

Syarat reseller travel agent berikutnya adalah memiliki strategi. Ini penting, perusahaan pasti akan menyeleksi siapa saja yang akan bekerja sama. Jika tidak memiliki kompetensi menjual produk layanan atau jasa akan sulit bergabung.

Perusahaan tentu tidak mau rugi karena menjalin kerja sama dengan pihak lain yang tidak berkompeten. Sedangkan perusahaan sendiri memiliki target pendapatan untuk membayar karyawan dan kebutuhan lain.

Minimal memiliki jalur promosi dan penjualan secara online. Ini merupakan strategi paling praktis saat ini. Dimana jangkauan terhadap target pasar jadi lebih luas, promosi lebih cepat dan efektif meningkatkan angka penjualan.

Strategi menjual secara online bisa dengan penerapan SEO. Optimasi website atau akun sosial media yang telah disetting menjadi akun bisnis. Ini lebih mudah dan mempercepat perolehan pendapatan.

6. Kreatifitas

Syarat reseller travel agent berikutnya adalah memiliki kreatifitas. Untuk hal ini tidak banyak perusahaan yang menguji secara langsung. Namun akan terpantau saat sudah berjalan, yaitu dari pertumbuhan keuntungan yang didapat.

Kreatifitas ini sebagai seleksi. Jika kamu berhasil menerapkan berbagai cara untuk promosi dan penjualan layanan travel, dipastikan eksistensi lebih terjamin. Berlaku sebaliknya, dimana kreatifitas tidak berkembang begitu juga bisnis yang dijalankan.

Kreatifitas yang dimaksud sebagai syarat reseller travel agent adalah penerapan cara online dan offline. Misalnya membuat promosi berupa potongan harga atau cashback untuk pemesanan layanan dalam kuantitas tertentu.

Bisa juga dengan membuka stand untuk ikut pameran. Aktifitas berjualan seperti ini boleh saja dilakukan oleh reseller demi mendapatkan lebih banyak konsumen. Mendatangi langsung ke tempat orang biasa nongkrong seperti mall, pasar, atau event-event tertentu.

7. Punya wawasan luas

contoh proposal kerjasama antar travel agent

Terutama dalam bidang traveling, petualangan, tempat-tempat wisata, pusat kuliner, fotografi. Untuk syarat reseller travel agent satu ini bisa dipelajari sendiri melalui berbagai media. Misalnya internet atau buku.

Dalam membuat materi promosi nantinya kamu akan butuh foto-foto menarik, wawasan mengenai obyek wisata, daya tarik sebuah kota, kuliner dan sebagainya. Selain membantu promosi, hal ini juga membantu perusahaan mencapai target.

Kedepannya setelah sukses sebagai penjual retail, kamu bisa membuka peluang kerja sama dengan pihak lain lagi. Jadi membawahi penjual lain yang langsung berhubungan dengan konsumen.

Travel agent terpercaya tidak menerapkan syarat dan peraturan yang ribet seperti sibukliburan.id. Kamu bisa cek langsung informasi di https://linktr.ee/Sibukliburan jika ingin ikut berperan dalam penjualan namun pastikan sudah memenuhi syarat reseller travel agent.

Informasi lebih lanjut bisa kunjungi laman informasi ini https://linktr.ee/Sibukliburan atau website Sibukliburan.id dan No WA dibawah ini.

whattap

 

Baca juga : Travel Agents B2B Terbaik

Leave a Comment

Your email address will not be published.