Tips Memilih Tempat Berlibur Lebaran bersama si Kecil

Sibuk Liburan – Bulan Ramadhan pada tahun ini segera berakhir. Artinya, Lebaran akan segera datang. Kebiasaan di Indonesia, pada saat Lebaran orang beramai-ramai pulang ke kampung halaman atau lebih dikenal dengan mudik. Mudik pun diisi dengan berbagai kegiatan mulai dari bersilaturahmi ke orang tua atau ke saudara lebih tua hingga berlibur bersama keluarga ke destinasi wisata favorit.

Tak mengherankan jika saat musim libur Lebaran tiba, setiap tempat wisata hampir selalu padat diserbu pengunjung. Keriuhan membuat semarak setiap tempat wisata, sekalipun pada hari biasa tempat wisata tersebut tak ramai dikunjungi. Asal masuk tempat wisata, di mana saja pasti ramai—kira-kira demikian kesan yang akan didapati saat libur Lebaran. Namun, bagi Sahabat Silir yang berpiknik bersama anak kecil sebaiknya tetap berhati-hati dalam memilih tempat wisata agar tidak ngasal.

Banyuwangi Cocok untuk Famtrip

Lalu, bagaimana tips memilih tempat berlibur Lebaran bersama si kecil? Berikut ulasannya.

1
Ramah Anak

Hal pertama yang perlu dipertimbangkan untuk memilih tempat wisata bersama si kecil adalah kawasan tersebut harus ramah anak. Tidak harus pergi ke taman-taman bermain anak. Akan tetapi, Sahabat Silir bisa bertandang ke tempat wisata yang dilengkapi dengan berbagai wahana permaianan anak, misalnya ayunan, kolam renang—meski mini, taman dengan bentuk miniatur hewan dan lain sebagainya.

Mencari kawasan wisata ramah anak penting agar mereka tak rewel saat tengah berada di lokasi wisata karena bosan. Umumnya anak kecil akan betah berpiknik di tempat-tempat yang banyak wahana permainannya, termasuk ada hewan-hewan lucunya. Tak mengherankan jika anak-anak menyukai pergi ke kebun binatang.

2
Mendukung aktivitas anak-anak

Tak kalah penting dari kawasan yang ramah anak, sebaiknya si kecil dibawa piknik ke tempat-tempat yang mendukung aktivitas anak-anak. Sebagai contoh ke pantai, taman bermain, kebun binatang, atau ke taman-taman alam yang teduh. Sebaliknya, jangan  bawa anak-anak ke tempat wisata yang ekstrim, seperti naik gunung, susur gua, mendaki bukit dan aktivitas advanture tour lainnya.

3
Akses Mudah

Selain hal-hal di atas, sebaiknya jika membawa si kecil melancong, pastikan memilih tempat yang memiliki akses mudah ke berbagai tempat, termasuk ke fasilitas sosial dan fasilitas publik. Dengan demikian, jika membutuhkan segala sesuatu, tidak perlu kebingungan mencari tempat atau menempuh perjalanan jauh dari tempat wisata dan akhirnya membuat anak rewel.

Demikian beberapa tips memilih tempat berlibur lebaran bersama si kecil. Di luar tips tersebut, tentu hal yang paling penting adalah pastikan kondisi kesehatan baik orang tua maupun si kecil. Jangan sampai traveling membuat kondisi kesehatan si kecil menurun. Sebaliknya, buat liburan sebagai sarana untuk menge-charge kesehatan lahir dan batin, sehingga badan lebih segar. (y)  

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Mungkin kamu juga suka

Terbaru