Tips Memilih Tempat Wisata Kuliner Saat Libur Lebaran

0
224
Kuliner Langka Khas Betawi
Kuliner Langka Khas Betawi

Sibuk Liburan – Kegiatan setelah Lebaran identik dengan berlibur. Pasca merayakan suka cita bersama keluarga, tak jarang banyak orang memilih menghabiskan waktu dengan berpiknik ke berbagai destinasi wisata. Namun, tak jarang pula yang memilih berwisata kuliner. Kegiatan ini umumnya dilakukan oleh para pemudik libur lebaran.

Lama tak pulang ke kampung halaman, saat mudik mereka pun ingin bernostalgia dengan kuliner-kuliner khas daerahnya di daerahnya pula. Oleh karena itu, agar tak kecewa saat berwisata kuliner, berikut tips memilih tempat wisata kuliner saat libur Lebaran.

libur lebaran
nongkrong bersama liburan

Minta Rekomendasi tempat makan enak

Soal rasa memang lidah tidak pernah bisa berbohong. Keenakan rasa biasanya akan menjadi magnet tersendiri bagi sebuah restoran atau warung makan untuk mendatangkan pengunjung. Sayangnya, lama meninggalkan kampung halaman acap kali membuat salah menentukan pilihan warung makan atau restoran yang menyajikan kuliner ‘nendang’.

Oleh karena itu, meminta rekomendasi tempat makan yang enak sangat penting sebelum berwisata kuliner. Langkah paling mudah meminta rekomendasi bisa dilakukan dengan browsing di internet. Tempat makan yang terkenal dan sudah berpengalaman sudah pasti ada yang me-review. Meski demikian, tak menutup kemungkinan jika tempat makan yang kecil dan sama sekali tak diulas di internet, justru memiliki masakan yang sangat menggoyang lidah. Oleh karena itu, rekomendasi pun bisa datang pula dari teman atau saudara yang tinggal di sekitar tempat wisata kuliner tersebut.

Jeli Memilih Tempat Makan Menarik

Bukan sekedar rasa saja yang menentukan ‘suksesnya’ wisata kuliner, tetapi juga bisa faktor lainnya. Oleh karena itu, jika ingin berwisata kuliner jelilah memilih tempat makan yang menarik. Tak jarang warung-warung makan sengaja dibuat dengan arsitektur tertentu dari yang super klasik hingga sangat modern untuk membuncahkan kesan lain di hati para pengunjungnya. Dengan demikian, mereka datang tak sekedar memanjakan lidah, melainkan juga sekaligus melihat keindahan tempat makannya.

Kebersihan Tempat Makan

Tak kalah penting dari dua hal di atas adalah soal kebersihan. Dalam hal makan, kebersihan menjadi hal yang tidak bisa ditawar-tawa. Tanpa mengesampingkan soal rasa, kebersihan menjadi hal yang jauh lebih penting, lantaran menyangkut soal kesehatan penikmatnya. Jangan sampai gara-gara berwisata kuliner pulang malah jatuh sakit karena makanan yang dikonsumsi tidak terjamin kebersihannya.

Makan di warung pinggir-pinggir jalan tak selalu kotor, sebaliknya makan di tempat-tempat wisata yang memang sudah tetap juga tak menjamin kebersihannya. Oleh karena itu, pastikan setidaknya untuk memperhatikan kondisi tempat makan yang akan dipilih. Sahabat Silir bahkan bisa membawa sendok sendiri demi menjaga kebersihan.

Sendork adalah alat makan yang langsung masuk ke mulut, sehingga kebersihannya sangat penting. Dengan menggunakan sendok pribadi, Sahabat Silir tak perlu was-was jika tertular suatu penyakit akibat kuman yang masih menempel di sendok yang digunakan oleh banyak orang.

Demikian tips memilih tempat wisata kuliner saat libur Lebaran. Selamat beribur dan selamat menjelajah rasa! (y)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here