Tips Mempersiapkan Liburan Keluarga Bersama Si Kecil ke Luar Negeri

Berlibur bersama keluarga menjadi impian banyak orang. Namun, acap kali niat tersebut urung lantaran memiliki anak yang masih kecil.

0
381

Sibuk Liburan – Berlibur bersama keluarga menjadi impian banyak orang. Namun, acap kali niat tersebut urung lantaran memiliki anak yang masih kecil. Alasan repot hingga kebingungan mempersiapkan segala sesuatu untuk sang buah hati kerap menjadi alasan utama di balik tertundanya melancong ke negeri seberang.

Menyadari hal tersebut, Sibuk Liburan kali ini bakal berbagi tips mempersiapkan liburan keluarga bersama si kecil ke luar negeri.

Pilih Destinasi Wisata yang Tepat

Langkah pertama yang paling penting adalah menentukan destinsi wisata yang tepat. Hal ini menjadi super urgent mengingat destinasi bakal menentukan banyak hal, mulai dari hal yang perlu dibawa hingga hal-hal apa saja yang bisa dilakukan di tempat tujuan. 

Dalam menentukan destinasi wisata yang layak dikunjungi bersama anak, pastikan kondisi tujuan wisata dalam keadaan aman dan tidak ekstrem. Meski wisata petualang terdengar begitu seru, tetapi jika anak belum cukup umur untuk ‘berhadapan dengan alam’, sebaiknya pilih lokasi yang aman-aman saja. Taman, area bermain atau bertandang ke tempat-tempat rekreasi bernuansa sejarah dan budaya bisa menjadi pilihan.

Satu hal yang paling penting, pastikan destinasi yang berada di wilayah perkotaan. Hal ini mengingat di kawasan perkotaan umumnya fasilitas umum lengkap. Dalam kondisi mendesak, misal anak demam dll, maka Sahabat Silir bisa dengan mudah dan sigap menemukan rumah sakit.

Mempersiapkan Budget Liburan

Tak dipungkiri, dana memegang peran sangat penting saat berlibur. Seberapa pun banyaknya uang yang dimiliki, bukan tak mungkin bisa kalap. Apalagi jika Sahabat Silir termasuk penggila wisata belanja.  Bujet dipastikan bakal membengkak saat membawa serta anak-anak. Pasalnya, anak-anak kadang meminta “jajan” atau barang-barang yang dilihatnya.

Tentu, menangis dan ngambek akan menjadi senjata anak kecil agar di belikan barang idamannya oleh orang tuanya. Mengingat hal-hal tersebut, pastikan Sahabat Silir  menyiapkan dana yang cukup dan pastikan menyiapkan bujet lebih dari anggaran yang seharusnya. Hal ini penting untuk mengantisipasi kejadian tak diinginkan—misal harga-harga naik dan lain sebagainya.

Persiapkan Kebutuhan Anak

Satu hal penting lagi yang harus dipersiapkan untuk liburan bersama anak di luar negeri adalah mempersiapkan kebutuhan anak. Kebutuhan tersebut mulai dari pakaiannya, obat-obatan pribadi, juga makanan atau camilan. Bertandang ke luar negeri bakal menghadapi musim yang berbeda, budaya yang berbeda pula, sehingga anak pun perlu dipersiapkan mentalnya.

Sabahat Silir barangkali bisa mulai mendongengkan kisah-kisah dari luar negeri atau cerita-cerita-cerita anak di negara yang akan dikunjungi. Hal ini akan membantu anak lebih mudah mendapatkan bayangan ihwal situasi yang di negara yang bakal dikunjungi.

Nah, sekian dulu tips mempersiapkan liburan keluarga bersama si kecil ke luar negeri dari Sibuk Liburan. Semoga bermanfaat. Happy traveling! (y)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here