5 Tips Menabung Berikut Dijamin Efektif Kumpulkan Dana untuk Traveling

Jalan-jalan merupakan salah satu kegiatan yang menyenangkan untuk dilakukan, terlebih jika waktu libur telah tiba. Namun, nyatanya kegiatan traveling membutuhkan biaya yang tak bisa dibilang sedikit. Oleh karena itu, penting bagi Sahabat Silir untuk menyiapkan dana liburan yang salah satunya caranya bisa dilakukan dengan menabung.

Akan tetapi, masih ada begitu banyak orang yang kesulitan melakukan kegiatan menabung dengan berbagai alasan. Menyikapi hal ini, Sibuk Liburan akan berbagai lima tips yang bisa dilakukan Sahabat Silir agar dana untuk berlibur bisa terkumpul dengan baik.

Tips Menabung Untuk Traveling
Tips Menabung Untuk Traveling

1
Tentukan Destinasi dan Waktu

Sebelum meniatkan untuk menabung, Sahabat Silir perlu menentukan tempat destinasi yang akan dituju seperti dalam negeri atau luar negeri. Perhatikan juga target waktu keberangkatan, apakah tanggal tersebut sudah memasuki musim liburan atau tidak. Tentukan juga berapa lama waktu menetap di destinasi terkait hingga moda transportasi pulang pergi yang akan digunakan.

2
Tentukan Nominal dan Target

Setelah menentukan destinasi dan waktu, Sahabat Silir bisa menentukan berapa nominal yang dibutuhkan dalam jangka waktu yang telah ditentukan. Carilah referensi perkiraan biaya dan bagi dengan jumlah waktu menabung. Sebagai contoh, jika estimasi biaya perjalanan mencapai 6 juta rupiah dengan target menabung selama 1 tahun, maka setiap bulan Sahabat Silir harus berusaha untuk menyisihkan uang sebesar 500 ribu rupiah.

3
Menyisihkan Uang Gaji Terlebih Dahulu

Saat baru menerima gaji, Sahabat Silir sebaiknya segera menyisihkan uang yang akan digunakan untuk menabung agar tidak terpakai untuk kebutuhan yang lain.

4
Tabungan Khusus Liburan

Memisahkan tabungan adalah salah satu cara yang paling efektif dalam menentukan target menabung. Sahabat Silir bisa menyiapkan rekening tersendiri hingga menyediakan celengan khusus. Gunakan juga model celengan yang sulit dibongkar begitu saja seperti dari keramik, gerabah atau kaleng.

5
Ikut Tabungan Berjangka atau Deposito

Bank memiliki program tabungan berjangka dan deposito untuk nasabahnya. Tabungan berjangka memiliki kisaran waktu dari 12 hingga 240 bulan dengan sistem auto debit yang otomatis memotong saldo tiap bulannya. Sementara deposito memiliki jangka 1, 3, 6 hingga 12 bulan dan memiliki suku bunga yang jauh lebih tinggi dibanding tabungan biasa.

Pencairan deposito sebelum jatuh tempo akan menyebabkan dikenakan penalti. Oleh karena itu, kedua program ini sangat efektif bagi Sahabat Silir yang berniat untuk menabung.

Dengan mengikuti cara-cara diatas, Sahabat Silir dijamin bisa mencapai target berlibur yang telah lama dinanti-nanti. Sebisa mungkin hindari melakukan kegiatan yang dapat menimbulkan hutang dan bocornya tabungan seperti menggesek kartu kredit atau debet.

Pilihlah waktu berlibur yang tepat dengan menghindari peak season, sehingga biaya perjalanan menjadi lebih murah. Niat dan kedisiplinan adalah dua hal yang sangat mendasari faktor keberhasilan dalam menabung.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Mungkin kamu juga suka

Terbaru