Tips Mudik Agar Tetap Aman dan Sehat

Musim Mudik Lebaran 2019 segera tiba

0
273
tips mudik

Sibuk Liburan – Musim Mudik Lebaran 2019 segera tiba. Sahabat Silir yang akan melakukan mudik, pastinya pun sudah mempersiapkan banyak hal, baik soal oleh-oleh, tiket, ‘uang yang cukup’ dan lain sebagainya. Namun, satu hal yang tak kalah penting dari berbagai persiapan tersebut adalah kesehatan dalam tips mudik. Hal ini mengingat mudik adalah kegiatan fisik yang tak ubahnya seperti advantue tour.

Dikatakan demikian, dalam ‘prosesi’ mudik, hampir selalu pemudik harus menghadapi pengalaman berjubel di tempat umum, seperti terminal, stasiun, hingga bandara. Bagi para pemudik yang menggunakan kendaraan sendiri pun tak kalah diribetkan dengan kemacetan yang setiap saat siap ‘menyapa’.

Menyikapi hal tersebut, dalam kesempatan kali ini, Sibuk Liburan akan berbagi tips mudik agar tetap aman dan sehat.

Bawa barang secukupnya

Hal pertama yang paling penting dalam mudik adalah, sebaiknya membawa barang yang secukupnya saja. Hal ini agar saat melakukan mobilitas dari satu tempat ke tempat lain (mungkin berganti kendaraan umum atau di kampung halaman berpindah dari satu saudara ke tempat saudara lainnya), tidak memakan waktu lama mempersiapkannya.

Lagi pula, dengan membawa barang secukupnya, badan pun akan terasa lebih enak, karena tak menenteng banyak bawaan. Tips ini sangat perlu dilakukan, terlebih bagi Sahabat Silir yang melakukan mudik dengan transportasi umum. Sementara bagi yang menggunakan kendaraan pribadi, seperti mobil, tetap harus mematuhi aturan yang berlaku agar tidak melebihi kapasitas muat yang ditetapkan.

Periksa kondisi kendaraan

Bagi para pemudik yang menggunakan kendaraan pribadi, memeriksa kondisi kendaraan sangat perlu dilakukan. Hal ini untuk menghindari kerusakan di jalan yang mungkin berakibat buruk dan mengganggu perjalanan. Pastikan hanya melakukan perjalanan dengan kendaraan yang ‘sehat’ dan tak memiliki ‘riwayat sakit’ alias sedikit-sedikit minta ‘opname di bengkel.

Pemeriksaan tak hanya pada mesin dan komponen lain pendukung laju kendaraan, seperti rem dan ban. Akan tetapi, pemeriksaan juga perlu dilakukan pada fitur-fitur lain seperti lampu, wiper dan AC mobil. Terlebih jika Sahabat Silir mudik dengan membawa serta anak-anak, AC sangatlah penting agar si kecil tidak rewel kepanasan di perjalanan.

Perhatikan kondisi tubuh

Tak hanya kendaraan yang perlu diperhatikan, melainkan juga kondisi tubuh. Rasa mengantuk, pegal, atau mulai lemas adalah ‘alarm’ alami bagi tubuh yang menandakan Sahabat Silir harus beristirahat.

Bagi pemudik yang menggunakan kendaraan publik, pastikan tidur degan tetap mengontrol barang-berharga bawaannya, misalnya menaruh dalam pangkuan—dan tak membiarkan tergeletak begitu saja. Sementara bagi pemudik dengan kendaraan pribadi, sebaiknya jika pengemudi sudah mulai lelah segera mencari tempat beristirahat.

Asupan gizi yang cukup

Selain itu, asupan gizi juga harus cukup. Apabila masih memungkinkan berpuasa dalam perjalanan mudik jauh, pastikan untuk bersahur dan berbuka dengan makanan bergizi 4 sehat 5 sempurna, agar tubuh tetap bugar dan bisa menjalankan mudik dengan tenang.

Demikian beberapa tips mudik agar tetap aman dan sehat ala Sibuk Liburan. Selamat mudik dan tetap berhati-hati! (y)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here