Catat 5 Tips Ini Agar Pengajuan Visa Liburanmu Diterima

Sibuk Liburan – Liburan ke luar negeri memang sangat menyenangkan. Akan tetapi, sebelum kesenangan itu didapatkan tentu ada beberapa hal yang harus dipersiapkan. Di samping harus membuat paspor, perjalanan liburan ke luar negeri juga wajib disertai izin masuk ke negara tujuan atau dikenal dengan nama visa.

Saat ini, sudah banyak negara-negara sahabat Indonesia yang memberlakukan kunjungan wisata tanpa visa, seperti halnya Jepang. Ada juga negara yang masih memberlakukan jenis visa on arrival yang dapat diurus di bandara negara tujuan. Di samping itu, untuk negara tertentu seperti negara-negara di Eropa masih memberlakukan jenis visa pre arrival yang harus diurus di Kedutaan Besar.

Tak ayal, kisah-kisah seputar sulitnya mengajukan visa pre arrival menjadi cerita horor bagi mereka yang hendak berlibur ke luar negeri. Akan tetapi, Sahabat Silir tidak perlu cemas. Melalui 5 tips berikut ini, pengajuan visa liburanmu ke luar negeri pasti diterima.

Ketahui Perbedaan Jenis-jenis Visa

Jenis-jenis Visa
Jenis-jenis Visa

Saat hendak mengajukan visa pre arrival di Kedutaan Besar negara tujuan, Sahabat Silir sudah harus memastikan tujuan kunjungan dan lama tinggal. Hal ini menjadi penting, sebab setiap negara memiliki jenis-jenis visa yang berbeda-beda, mulai dari visa turis, visa working holiday, visa bisnis dan lainnya.

Apabila tujuan kunjunganmu adalah sebagai turis, maka dianjurkan untuk mengajukan pembuatan visa turis. Namun, bagi yang ingin berlibur sembari bekerja sambilan, wajib mengajukan visa working holiday.

Isi Formulir Pengajuan Visa dengan Baik dan Benar

Setelah mengetahui perbedaan jenis-jenis visa, Sahabat Silir patut memperhatikan kebenaran pengisian formulir pengajuan visa. Setiap formulir visa tentu memiliki perbedaan tersendiri.

Oleh karena itu, kamu dianjurkan untuk memastikan jenis visa yang akan diajukan sebelum mengisi formulir. Isilah formulir dengan jelas menggunakan huruf kapital untuk memudahkan petugas meloloskan pengajuan visa-mu.

Siapkan Dokumen Lengkap

Mempersiapkan dokumen pembuatan visa menjadi hal terpenting agar pengajuan visa liburanmu diterima. Dokumen-dokumen yang dibutuhkan bisa berbeda-beda setiap negara tujuan. Untuk itu, akan sangat penting jika Sahabat Silir mencari tahu kebijakan imigrasi tiap negara tujuan terlebih dahulu.

BACA JUGA: Cara Menjaga Tubuh Tetap Sehat Saat Berlibur ke Luar Negeri

Umumnya, dokumen pembuatan visa yang diperlukan meliputi paspor, pas foto, tiket penerbangan pulang pergi, bukti pemesanan hotel, surat keterangan kerja/sekolah, rencana perjalanan, dan asuransi. Kamu juga akan dimintai bukti laporan keuangan selama tiga bulan terakhir untuk menjamin kesiapan fiansial di negara tujuan.

Banyak Bertanya

Banyak Bertanya Visa
Banyak Bertanya Visa

Malu bertanya, sesat di jalan. Pepatah ini sangat tepat jika kita enggan bertanya saat melakukan pengajuan visa liburan ke luar negeri. Akibatnya, kesalahan pengajuan visa bisa saja terjadi.

Nah, agar terhindar dari hal-hal yang tidak dinginkan, sebaiknya Sahabat Silir banyak mengali informasi dan bertanya seputar pengalaman pembuatan visa kepada kerabat atau teman yang sudah lebih dahulu melakukannya.

Percaya Diri saat Menjalani Wawancara

Wawancara merupakan sesi yang paling penting dalam proses pengajuan visa. Apabila Sahabat Silir mengajukan visa turis, maka pertanyaan yang diajukan ialah seputar perjalanan ke negara tujuan.

Adapun pertanyaannya biasanya meliputi: tujuan berpergian, rute perjalanan, kawan perjalanan, pekerjaan, dan izin keluarga. Jawablah pertanyaan-pertanyaan tersebut dengan tegas dan lantang agar petugas Kedutaan tahu bahwa kamu amat percaya diri melakukan perjalanan ke negeri asing.

Dengan mengikuti 5 tips di atas, dijamin visa liburanmu akan diterima. Namun, jika Sahabat Silir masih bingung dalam mengurus visa liburan ke luar negeri, konsultasikan saja kebutuhanmu kepada Sibuk Liburan. Saat ini tersedia paket-paket liburan luar negeri bebas visa yang dapat dinikmati bersama keluarga dan teman-teman. Yuk, liburan!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Mungkin kamu juga suka

Terbaru