Tips Terhindar Dari Serangan Ikan Hiu

Sibuk Liburan – Berenang, menyelam, berselancar memang menyenangkan bagi pecinta olahraga air. Tetapi bukan berarti semua aman-aman saja. Salah satu yang wajib diwaspadai adalah serangan ikan hiu.

Baru-baru ini, seorang perempuan asal Amerika Serikat (AS) tewas di Bahama saat tengah snorkeling. Dilaporkan kantor berita AFP, Kamis (27/6), perempuan tersebut tewas setelah diserang tiga ekor hiu.

Tiap tahun, 80 serangan hiu terjadi di seluruh dunia. Tahun 2018, sebuah kejuaraan selancar di Australia Barat terpaksa harus batal karena dua serangan hiu beberapa saat sebelum ajang itu dimulai, demikian menurut laporan BBC.

Bagaimana agar tetap bisa menikmati pantai sekaligus aman dari serangan mamalia ganas ini? Berikut tipsnya.

1
Patuhi aturan

Tiap pantai ada aturannya bukan? Tidak ada yang ingin menjadi korban serangan hiu. Oleh karena itu, patuhi aturan yang berlaku. Konsultasikan dengan penjaga pantai mengenai wilayah yang kerap disambangi hiu, waktu yang tepat untuk berenang dan lainnya.

2
Jangan berenang dalam keadaan luka

Nah, pastikan tidak ada luka terbuka dan menstruasi (bagi perempuan) saat ingin berenang atau berselancar. Aroma darah menarik perhatian hiu.

3
Jangan berenang sendirian

Pastikan Sahabat Silir mencari teman saat berenang. Hiu cenderung menyerang orang yang berenang sendirian. Maka, berenang berkelompok akan membantu Sahabat Silir tetap aman dan terhindar dari serangan hiu.

4
Hindari memakai pernak pernik yang menyolok

Hindari memakai pakaian renang atau papan selancar dengan warna-warna cerah dan menyala atau perhiasan karena akan membuat hiu tertarik mendekati Sahabat Silir.

5
Hindari berenang terlalu jauh dari pantai

Terkadang kita terlalu menikmati berenang atau terbawa air sehingga tak sadar sudah terlalu jauh dari pantai.  Pastinya ini akan membuat Sahabat Silir susah menyelamatkan diri.

6
Hindari berenang saat gelap/mendung

Hiu bisa mendeteksi mangsanya dalam kondisi gelap sekalipun. Bahaya bukan jika tiba-tiba hiu menghampiri Sahabat Silir yang tengah berenang?

7
Perhatikan pola ikan lain berenang

Jika Sahabat Silir melihat ikan lain berenang dengan cepat, bisa jadi mereka menghindari hiu yang akan mencari mangsa.

Lalu, bagaimana jika lagi enak-enak berenang ada hiu di dekat Sahabat Silir? Tetap tenang. Jangan panik. Karena jika Sahabat Silir membuat gerakan tiba-tiba untuk menghindar, justru ini akan membuat hiu merasa terusik dan langsung menyerang Sahabat Silir.

Kabur secara perlahan. Dan seandainya hal terburuk terjadi, justru jangan tunjukkan Sahabat Silirtakut! Seranglah. Pukullah mata dan insangnya karena ini bagian yang sensitif. Teruslah melawan sampai sang hiu pergi.

Apabila Sahabat Silir memancing, hindari membuang potongan ikan mati karena hiu bisa mendeteksi aroma darah dan kemudian menghampiri Sahabat Silir.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Mungkin kamu juga suka

Terbaru