Pakai Toilet di Taman Sari Yogyakarta Bisa Bayar Lewat Aplikasi

Kini toilet berskala internasional dengan sistem berbayar sudah bisa ditemukan di Kampung Wisata Taman Sari, Kelurahan Patehan, Kecamatan Kraton Jogja, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

0
345
Taman Sari Yogyakarta

Toilet merupakan fasilitas vital yang harus selalu tersedia, terutama di kawasan wisata. Namun begitu, jenis toilet berstandar internasional terbilang masih sulit untuk ditemukan di sejumlah kawasan wisata di Indonesia.

Akan tetapi, kini toilet berskala internasional dengan sistem berbayar sudah bisa ditemukan di Kampung Wisata Taman Sari, Kelurahan Patehan, Kecamatan Kraton Jogja, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Toilet ini nantinya akan menerapkan sistem pembayaran non tunai dengan menggunakan aplikasi.

Pakai Toilet di Taman Sari Yogyakarta Bisa Bayar Lewat Aplikasi

Sebagai lokasi cagar budaya warisan Keraton Yogyakarta, Taman Sari merupakan salah satu magnet wisata yang menarik turis asing di Kota Pelajar ini. Menurut Sutantio Tri Harso seperti yang dilansir dari inews.id (16/12/2019), jelang high season pada periode Juni hingga September, sekitar 500 turis mancanegara bisa mengunjungi objek wisata tersebut dalam seharinya. Jumlah belum ditambah dengan wisatawan lokal yang bisa mencapai 3.500 orang.

Taman Sari Yogyakarta

Lebih lanjut menurut Ketua RW 9 Kampung Taman Sari, kebanyakan wisatawan asing kesulitan untuk menyesuaikan dengan toilet umum di Indonesia yang kebanyakan model jongkok. Hal ini diperparah dengan banyak diantaranya yang masih jauh dari kondisi bersih.

BACA JUGA: Tempat Wisata Menarik Untuk Liburan Lebaran di Jogja

“Turis asing kalau enggak kepepet enggak mau, kadang masuk keluar lagi karena melihat kondisi. Kalau (toilet) standar internasional kan biasanya duduk, karena mereka kalau melihat (jamban yang menggunakan dengan) jongkok itu asing,” ucap Susantio kepada Timordaily.com (15/12/2019).

Foto: iNews

Untuk menanggulangi permasalahan tersebut, pihak Kampung Taman Sari Yogyakarta kemudian bekerja sama dengan penyedia aplikasi jamban untuk menghadirkan toilet berstandar internasional. Hasilnya, saat ini terdapat dua titik toilet di kawasan wisata tersebut yang salah satunya merupakan renovasi dari toilet di Sanggar Kalpika.

Dalam pengoperasiannya, para pengguna diharuskan terlebih dahulu mengunduh aplikasi di Playstore. Para pengguna kemudian diharuskan membeli koin terlebih dahulu menggunakan saldo gopay.

Setelah mendapatkan koin, para pengguna akan mendapatkan nomor PIN untuk bisa mengakses toilet. Terdapat kotak tombol di bawah gagang pintu toilet yang berguna untuk memasukan PIN.

Sejauh ini harga untuk menggunakan toilet ini dalam sekali pakai berkisar Rp 3.000 hingga Rp 4.000. Toilet ini juga telah dilengkapi dengan interior yang nyaman dan berbagai fasilitas seperti shower, blower, hingga LCD digital.

Menurut Anggie Ariningsih selaku CSO Jamban, pihaknya tak hanya menyediakan fasilitas ini di Taman Sari saja, tetapi juga di sejumlah titik di SPBU Wates, Sleman. Saat ini terhitung ada sekitar 10 unit toilet yang telah diluncurkan di Yogyakarta

Disebutkan juga oleh Kasubbag Umum Dinas Pariwisata DIY Rahmat Suabadi bahwa pihaknya telah mengajak banyak pihak untuk mengadakan pembenahan toilet yang serupa di sejumlah objek wisata. Hal ini dilakukan guna menggenjot pariwisata lokal, terutama di wilayah kampung dan desa wisata. (AS)

Tag: Taman Sari Yogyakarta, Wisata Dekat Keraton Yogyakarta, Aplikasi Jamban, Toilet Umum Standar Internasional

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here