Kiat Mencegah Pengeluaran Berlebih Saat Traveling dengan Mobil Pribadi

Apabila Sahabat Silir gemar bepergian dengan menggunakan mobil pribadi, berikut Sibuk Liburan berikan sejumlah tips untuk mencegah pengeluaran berlebih.

Kebiasaan melakukan perjalanan jauh dengan mobil pribadi memang sudah lama dilakoni oleh sebagian masyarakat Indonesia, terutama jelang musim mudik tiba.

Di sisi lain, bepergian dengan cara tersebut terbilang sangat hemat karena dapat menekan biaya transportasi. Selain itu, cara ini juga memungkinkan untuk mengangkut penumpang lebih banyak.

Apabila Sahabat Silir gemar bepergian dengan menggunakan mobil pribadi, berikut Sibuk Liburan berikan sejumlah tips untuk mencegah pengeluaran berlebih.

1
Periksa Kondisi Mobil

Sebelum melakukan perjalanan jauh, sempatkan untuk memeriksakan kondisi mobil Sahabat Silir ke bengkel terpercaya. Hal ini berguna untuk meminimalisir kondisi tak diinginkan yang dapat berujung pada pengeluaran tak terduga.

Untuk menghemat biaya bahan bakar, kami sarankan untuk melakukan pengisian tangki bensin secara penuh pada malam hari. Pasalnya, saat malam hari kadar gas dalam bensin akan menjadi lebih kecil dibandingkan dengan cairan bensin, sehingga berdampak pada iritnya bahan bakar

2
Hemat dalam Biaya Makan

Bepergian dengan mobil pribadi memungkinkan Sahabat Silir untuk menyiapkan perbekalan sendiri. Bawa juga aneka lauk kering yang bisa bertahan lama, seperti abon, sambal teri kacang, rendang runtiah, kering tempe, kering kentang, dan sebagainya.

Sahabat Silir bisa juga membawa kompor portable dan sejumlah bahan makanan praktis seperti mie instan atau beras. Namun selama penggunaannya, disarankan untuk mempergunakannya di ruangan terbuka.

3
Rencanakan Biaya Perjalanan

Perencanaan biaya perjalanan merupakan poin paling penting untuk mencegah pengeluaran berlebih. Dalam tahap ini, Sahabat Silir perlu memikirkan alokasi biaya di sepanjang perjalanan, dimulai dari biaya akomodasi, makan, bahan bakar, belanja oleh-oleh, hingga tujuan wisata. Siapkan juga perkiraan biaya dan dokumen pendukung untuk hal-hal yang bersifat darurat.

4
Jangan Tergiur dengan Belanja

Salah satu penyakit yang kerap menyerang para pelancong adalah kalap berbelanja saat berada di tempat tujuan. Tak jarang, hal ini menyebabkan terjadinya pembengkakan biaya dari yang sudah diperkirakan sebelumnya.

Usahakan menahan diri dalam menggunakan kartu kredit untuk hal-hal yang sifatnya tidak darurat. Sebaiknya, siapkan jumlah uang tunai secukupnya yang sesuai dengan perkiraan transaksi yang akan dilakukan.

5
Tertib Dalam Berlalu Lintas

Pada saat mengalami kelelahan dalam berlalu lintas, tak jarang pengemudi mulai tergoda untuk melakukan tindakan melanggar lalu lintas. Seperti diantaranya adalah mengebut dengan kecepatan yang melewati batas, menyalip dari bahu jalan, hingga membuang sampah puntung rokok sembarangan.

Tanpa disadari beberapa tindakan tersebut bisa menyebabkan pengemudi ditilang dan terkena denda. Oleh karenanya, usahakan agar tetap tertib selama berlalu lintas.

Penting juga untuk memperhatikan kondisi tubuh dari pengemudi. Apabila pengemudi terlihat mulai kelelahan dan mengantuk, segera cari tempat menepi seperti rest area untuk beristirahat. Sebaiknya, lakukan penyetiran secara bergantian jika ada penumpang lainnya yang bisa membawa mobil. (AS)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Mungkin kamu juga suka

Terbaru