Trik Menghasilkan Foto Liburan yang Bagus Menggunakan Kamera Smartphone

0
339

Jalan-jalan biasanya identik dengan berfoto ria. Ada yang gemar berswafoto, ada juga yang lebih senang menangkap keindahan landscape lokasi liburan. Tidak heran, traveler sejati biasanya selalu ditemani kamera DSLR yang senantiasa melingkar di leher. Akan tetapi jangan keliru, kamera smartphone pun sebenarnya juga bisa diandalkan menjadi “alat berburu” saat bertamasya. Melalui teknik dan trik berikut ini, foto-foto liburan dijamin tampil keren meski hanya menggunakan kamera smartphone.

1. Manfaatkan Fitur Kamera Smartphone


Hampir semua kamera smartphone dilengkapi dengan fitur flash untuk membantu pencahayaan. Namun, saat mengabadikan kegiatan outdoor sebaiknya hindari penggunaan cahaya yang berlebihan. Pasalnya, hal ini justru dapat merusak kualitas gambar. Apabila kebetulan matahari tak tampak saat hendak memotret pemandangan, aktifkan fitur HDR (High Dynamic Range) agar foto terlihat lebih terang. Selain itu, fitur filter dan zoom juga sebaiknya tidak digunakan karena dapat menurunkan kualitas pixel foto pemandangan.

2. Stabilkan Pegangan Tangan


Ukurannya yang kecil membuat smartphone lebih rentan terhadap getaran tangan. Tak ayal, hal ini sering membuat foto liburan yang diambil menggunakan kamera smartphone menjadi blur. Oleh karena itu, peganglah kamera smartphone sestabil mungkin. Kalau perlu gunakan tripod atau selfie stick untuk menggurangi getaran tangan. Sahabat Silir juga harus mengenali waktu jeda shutter pada kamera smartphone. Dengan membiasakan diri terhadap waktu antara saat kita memencet dan saat kamera mulai mengambil gambar, cengkraman tangan akan semakin stabil.

3. Ketahui Soal Komposisi


Dunia fotografi mengenal komposisi objek untuk menghasilkan foto yang bernilai seni. Kamera smartphone pun bisa menghasilkan kompisisi foto liburan yang baik asalkan sang pengambil gambar memiliki pengalaman di bidang ini. Untuk itu, sebelum memutuskan beranjak memotret tempat-tempat wisata eksotis, sebaiknya ketahui dahulu soal komposisi. Caranya dengan mengasah kemampuan mengambil foto dengan warga, angle, dan subjek yang seimbang. Jangan takut untuk mencoba angle yang ekstrim dan sudut yang menarik agar foto liburan makin berkesan.

Meski tak sebaik DSRL, kamera smartphone ternyata tidak kalah hebat mengabadikan momen langka saat liburan. Memanfaatkan kelebihan smartphone yang mungil dan multi-guna untuk menghasilkan foto liburan yang bagus tentu bisa dijadikan alternatif menyongsong momen liburan yang akan datang.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here