Unik! Di Australia Ada Balap Kecoa

Pertama kali ajang ini digelar pada 1982 silam. Kompetisi ‘aneh’ ini pun tetap lestari hingga kini dan diadakan setiap 26 Januari. Event tersebut digelar sekaligus dalam perayaan Australia Day.

0
485
Balap Kecoa

Balap motor, balap mobil atau bahka balap karung saat perayaan hari tertentu sudah terkenal. Namun, pernahkah terbayangkan di dunia ini juga ada event bernama balap kecoa? Bukan mengada-mengada atau merekayasa, hal ini jelas nyata ada.

Adalah Australia negara yang telah beberapa dekade menggelar balap serangga yang menjijikan bagi banyak orang itu.

Ajang balap serangga sendiri telah digelar sudah lebih dari 3 dekade. Pertama kali ajang ini digelar pada 1982 silam. Kompetisi ‘aneh’ ini pun tetap lestari hingga kini dan diadakan setiap 26 Januari. Event tersebut digelar sekaligus dalam perayaan Australia Day.

Balap kecoa di Australia

Tak main-main, event pun digelar di hotel. Dirangkum dari berbagai sumber, kegiatan itu biasanya ditempatkan di Hotel Store Bridge, Baildon Street, Brisbane, Australia. Tak kalah heboh dengan balap sepeda, balap mobil atau bahka kompetisi menyanyi, adu balap kecoa ini juga menyedot animo yang tinggi dari warga sekitar maupun dari wisatawan.

BACA JUGA: Fenomena Langit Australia dan Selandia Baru yang ‘Tak Biasa’

Mereka memenuhi pub Point di hotel untuk bertaruh atau sekedar menononton pertandingan serangga berwarna coklat itu. Menariknya, di area balapan tersedia pula arena olahraga dan tempat duduk. Dengan demikian, pengunjung bisa berpartisipasi dalam balapan dengan suasana menyenangkan. Acara balap kecoa sendiri dilakukan secara terbuka dan pada siang hari.

Balap Kecoa
Foto: UPI.com

Setiap orang berkesempatan melombakan kecoa masing-masing. Para peserta yang tak memiliki kecoa dari rumah, bisa membeli kecoa yang banyak disediakan di tempat perlombaan. Meski demikia, umumnya sebagian peserta telah membawa kecoa jagoannya dari rumah.

Acara balap kecoa sendiri dimulai pada pukul 11 siang  dan baru akan selesai pada pukul 16.30 waktu setempat. Dalam balapan tersebut juga terdapat trek yang dibuat seperti cincin. Kecoa awalnya disimpan di dalam botol, kemudian dilepas di tengah medan ‘tanding’. Penetapan pemenang dilakuka dengan melihat kecoa yang mampu menjangkau ujung trek paling pertama.

Nah, bagi pengunjung yag ingin nonton acara pertandingan serangga tersebut hanya perlu menyumbangkan beberapa koin. Nantinya, koin tersebut bakal disumbangka ke badan amal.

Sementara itu, tradisi ini berawal dari aksi saling membual di antara dua pria yang tengah berada di bar. Mereka konon membicarakan kecoa yang paling tercepat sampai Brisbane. Tak sekedar membual, keesokan hari dua pria tersebut benar-benar melombakan kecoa mereka.

Usut punya usut mengapa kecoa sampai dipertandingkan, bukan sekedar bualan 2 laki-laki di bar tadi. Namun, kecoa termasuk serangga yang cepat berpindah tempat. Selain bisa terbang, kecoa juga bisa berjalan dengan sangat cepat, yaitu diklaim 50 kali panjag tubuh mereka per detik.

Apabila dikomparasikan dengan sprinter, kemampuan kecoa bisa menembus sprint 91 meter dalam waktu kurang dari 1 detik. Sangat cepat bukan?! (y)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here