Virus Corona Semakin Massif di Korea Selatan, 156 Kasus Telah Ditemukan

COVER: Liputan6
Dikutip dari AFP, Otoritas Korea Selatan (Korsel) mengonfirmasi 52 kasus baru virus corona pada Jumat (21/2/2020) ini.

Virus Corona masih menjadi perbincangan panas, utamanya di kawasan Asia Timur. Hal ini mengingat virus tersebut bersangkar di Wuhan, China yang merupakan bagian dari kawasan tersebut. Penyebaran virus tersebut kian massif, malahan hingga ke negara lain.

Thailand sempat disebut-sebut sebagai negara kedua setelah Negeri Tirai Bambu yang paling banyak terjangkiti virus yang disebut-sebut bersumber dari hewan itu. Namun, belakangan ‘posisi’ tersebut harus disandang oleh Korea Selatan.

BACA JUGA: Cerita Batik Air yang Ditugaskan Menjemput WNI di Wuhan

Hal ini menyusul semakin banyaknya jumlah kasus corona yang ditemukan di Negeri Gingseng.

Virus Corona Semakin Massif di Korea Selatan

Dikutip dari AFP, Otoritas Korea Selatan (Korsel) mengonfirmasi 52 kasus baru virus corona pada Jumat (21/2/2020) ini. Hal ini sekaligus mengonfirmasi jika jumlah pengidap virus corona di negara tersebut menjadi terbanyak yang kedua di luar Negeri Panda.

Laporan juga menyebut bahwa Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Korsel, KCDC menyatakan, sebanyak 39 dari 52 kasus baru tersebut terkait dengan sekte Shincheonji Church of Jesus di kota Daegu.

Korea Selatan corona
Foto: Liputan6.com

Dengan adanya lonjakan 52 kasus baru ini, maka virus corona yang ada di Negeri Gingseng telah menjadi 156 kasus sampai saat ini. Sebanyak 80 dari pengidap virus tersebut adalah sekte Shincheonji.

Kasus ini bermula saat seorang nenek berusia 61 tahun yang mengalami demam. Namun, ia tetap pergi bahkan ke 4 kebaktian di gereja milik sekte tersebut, sebelum akhirnya dinyatakan positif corona.

Banyaknya anggota sekte tersebut yang ikut terpapat corona tak lepas dari banyaknya orang yang mengikuti kebaktian kala itu bersama nenek yang juga belakangan diketahui terdampak virus corona tersebut. Pemerintah Daegu menyebut ada 1.001 anggota sekte Shincheonji yang diyakini mengikuti kebaktian bersama nenek tersebut.

Sementara itu, Wali Kota Daegu, Kwon Young-jin yang merupakan kota terbesar keempat di Korsel telah mengimbau warga untuk tetap di dalam ruangan. Kebijakan lain yang diterapkan adalah membatasi akses ke Pangkalan Besar Amerika Serikat.

BACA JUGA: Virus Corona Merajalela, Indonesia Pilih Bidik Turis India dan Eropa

Guna melindungi masyarakat dari kemungkinan terdampak virus tersebut, Kwon sebagaimana disebut media loka, Yonhap juga memerintah untuk menutup senjumlah sekolah dan perpustakaan publik sementara waktu. Kegiatan belajar mengajar pun dihentikan hingag awal Maret mendatang.

Hingga hari ini, warga setempat yang terpaksa beraktivitas di luar rumah tampak menggunakan masker. Semakin tingginya kasus corona di negara tersebut pun memicu kekhawatiran warga setempat. “Dengan begitu banyaknya kasus yang terkonfirmasi di sini, saya khawatir bahwa Daegu akan menjadi Wuhan kedua,” kata seorang warga, Seo Dong-min.

Terkait Shincheonji, disebut-sebut sebagai sekte yang didirikan oleh Lee Man-hee. Ia telah mengenakan jubah Yesus Kristus dan akan mengklaim akan membawa 144.000 orang bersamanya ke surga pada hari penghakiman. (y)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Mungkin kamu juga suka

Demi Lingkungan, Air New Zealand Hadirkan Gelas Kopi dari Biskuit

Bagaimana rasanya membayangkan menyeruput kopi kemudian melahap cangkirnya hingga tak bersisa?Hal itu tampaknya tidak akan menjadi sesuatu...

Pesona Gunung Emei di Musim Dingin

Sibuk Liburan - Apabila Indonesia memiliki Gunung Bromo yang kental dengan tradisi Hindu bahkan banyak tempat peribadatan pendukungnya di sekitarnya, di China juga ada...

Ini 5 Alasan Harus Liburan ke Selandia Baru

Sibuk Liburan - Bicara soal liburan ke luar negeri, hampir selalu berkiblat pada banyak negara-negara di Eropa dan Amerika. Dalam beberapa tahun...

Sambut Gerhana Matahari Cincin, Pulau Batam Siapkan Sederet Event

Fenomena Gerhana Matahari Cincin (GMC) yang diprediksi muncul pada 26 Desember 2019 mendatang tampaknya tengah menuai antusiasme yang besar dari masyarakat di...

5 Destinasi Wisata di China ini Membuatmu Serasa di Negeri Lain

Jalan-jalan ke China memang paling asyik. Negara berpenduduk terbanyak di dunia tersebut memyimpan segundang destinasi wisata yang tak hentinya membuat siapapun berdecak kagum.

Terbaru

STEP BY STEP: Cara Membuat Paspor Online Indonesia

Paspor merupakan dokumen penting yang harus dimiliki Sahabat Silir jika ingin bepergian ke luar negeri.Paspor sendiri adalah...

Karena Virus Corona, Udara Jadi Lebih Bersih

Selalu ada hikmah di balik sebuah peristiwa. Barangkali ini pula ungkapan yng cocok untuk menggambarkan situasi saat ini, di mana dunia sedang...

Gara-gara KLB Corona, Pasar Klewer Solo Sepi

Terimbasnya virus corona ke Indonesia membawa banyak konsekuensi. Bukan saja soal jatuhnya korban jiwa maupun pasien yang terkena virus yang diklaim berasal...

8 Tempat Wisata Indonesia yang Wajib Dikunjungi Tahun 2020

Indonesia dikenal sebagai negara yang besar, bukan saja karena jumlah penduduknya yang banyak, melainkan juga lantaran banyaknya kekayaan alam dan budaya yang...

Aneh tapi Nyata! Wine Mengalir di Keran Warga di Italia

Umumnya keran yang tersambung ke rumah akan berisi aliran air bersih untuk kepentingan sehari-hari. Namun, kejadian satu ini aneh bin ajaib!

STEP BY STEP: Cara Membuat Paspor Online Indonesia

Paspor merupakan dokumen penting yang harus dimiliki Sahabat Silir jika ingin bepergian ke...

Karena Virus Corona, Udara Jadi Lebih Bersih

Selalu ada hikmah di balik sebuah peristiwa. Barangkali ini pula ungkapan yng cocok...

Gara-gara KLB Corona, Pasar Klewer Solo Sepi

Terimbasnya virus corona ke Indonesia membawa banyak konsekuensi. Bukan saja soal jatuhnya korban...

8 Tempat Wisata Indonesia yang Wajib Dikunjungi Tahun 2020

Indonesia dikenal sebagai negara yang besar, bukan saja karena jumlah penduduknya yang banyak,...
WhatsApp Chat via WhatsApp