Dampak Virus Corona, Jepang Alami Kerugian Triliunan Rupiah dari Sektor Pariwisata

Sektor penerbangan sangat terdampak dari penyebaran virus ini menyusul banyaknya pembatalan penerbangan dari dan ke Negeri Tirai Bambu.

Virus corona menjadi gangguan terbesar memasuki tahun 2020 ini. Bagaimana tidak, muncul dalam waktu yang singkat dan menyebar dengan begitu massif, virus ini sukses melumpuhkan banyak sektor di berbagai negara.

China sebagai negara asal virus tersebut, tepatnya dari Kota Wuhan, jelas menjadi negara yang sangat merasakan imbas yang super signifikan. Namun, virus ini juga menyebar ke beberapa negara lain di Asia Timur, seperti Korea Selatan dan Jepang juga ke beberapa negara di Asia Tenggara, seperti Singapura, Thailanda serta Vietnam.

Jepang Alami Kerugian Triliunan Rupiah dari Sektor Pariwisata

Sektor penerbangan sangat terdampak dari penyebaran virus ini menyusul banyaknya pembatalan penerbangan dari dan ke Negeri Tirai Bambu. Tak jauh-jauh dari sektor tersebut, pariwisata menjadi sektor lain yang turut dirugikan dari merebaknya virus yang disebut-sebut bersumber dari hewan itu.

jepang

Jepang misalnya, harus kehilangan pendapatan hingga USD 1,29 miliar atau sekitar Rp 17,6 triliun dari pariwisata pada periode Januari hingga Maret. Penurunan ini sebagaimana disebut Organisasi Penerbangan Sipil Internasional (ICAO) merupakan imbas dari menurunnya jumlah penumpang dari dan ke China Daratan.

ICAO melaporkan sekitar 70 maskapai telah membatalkan semua penerbangan internasional. Sialnya lagi, ada 50 maskapai lainnya telah membatasi penerbangan.

Organisasi itu juga memperkirakan jika penurunan penumpang sekitar 16,4 juta hingga 19,6 juta orang dibandingkan dengan target yang dibuat maskapai untuk kuartal pertama 2020. Dari perhitungan inilah Negeri Sakura berpotensi kehilangan pendapatan dari pariwisata sekitar USD 1,29 miliar pada periode Januari hingga Maret.

BACA JUGA: Virus Corona Merajalela, Kapal Pesiar Ini Dihentikan Sementara

Sementara itu, dampak dari virus corona diperkirakan akan lebih besar bagi bidang ekonomi. Hal ini menyusul penyebaran virus itu yang lebih besar daripada epidemi SARS yang merebak pada 2003 lalu.

Hingga kini, korban meninggal akibat virus corona di seluruh dunia sudah menjadi 1.800 jiwa. Pasien yang mengidap virus tersebut jauh lebih banyak, di China saja sudah mencapai ribuan.

Akibat merebaknya virus corona juga dialami negara lain, termasuk Indonesia. Pariwisata di Indonesia menurun, utamanya di Bali dan beberapa daerah di Indonesia menyusul kunjungan wisatawan yang semakin menurun.

Diketahui selama ini wisatawan China menjadi wisatawan mancanegara (wisman) terbesar yang masuk ke Indonesia. Wal hasil dengan terserangnya virus corona di negara tersebut, jumlah penduduk yang masuk ke Tanah Air juga banyak berkurang.

Apalagi Indonesia telah menghentikan sementara penerbangan dari dan ke China untuk sementara waktu, demi menghindari terpaparnya virus tersebut.

Dalam dunia penerbangan sendiri, berkurangnya penumpang diprediksi sama halnya dengan kehilangan sekitar USD 4 miliar hingga USD 5 miliar dalam pendapatan operasi kotor untuk maskapai di seluruh dunia. Demikian dikutip dari detikTravel dan berbagai sumber. (y)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Mungkin kamu juga suka

Indonesia Akan Kedatangan Gerhana Matahari Cincin Pada 26 Desember 2019

Menurut informasi dari Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN), diperkirakan fenomena Gerhana Matahari Cincin akan mulai menampakan diri di beberapa wilayah Indonesia...

5 Makanan Khas Thailand yang Rasanya Memanjakan Lidah

Thailand bukan saja memikat dengan bangunan bersejarah dan budaya, melainkan juga dengan kulinernya. Berikut adalah 5 makanan khas Thailand yang rasanya memanjakan...

5 Daya Tarik Shanghai Disneyland yang Membuatnya Wajib Dikunjungi

Sibuk Liburan - Shanghai Disneyland merupakan salah satu pembangunan kawasan hiburan raksasa yang mendapatkan sambutan dari penduduk Tiongkok sendiri. Taman hiburan ini...

Mengenal Transportasi Impian MRT yang Akan Segera Beroperasi di Jakarta

Sibuk Liburan - Warga Jakarta kini boleh merasa lega dalam mendapatkan solusi kemacetan di ibu kota. Pasalnya, realisasi Mass Rapit Transit (MRT)...

Heboh Fenomena Lubang Raksasa di Maros, Sulawesi Selatan

Jelang akhir tahun 2019, sebuah kehebohan terjadi di Maros, Sulawesi Selatan. Bukan atraksi baru di Taman Nasional Bantimurung,...

Terbaru

STEP BY STEP: Cara Membuat Paspor Online Indonesia

Paspor merupakan dokumen penting yang harus dimiliki Sahabat Silir jika ingin bepergian ke luar negeri. Paspor sendiri adalah...

Karena Virus Corona, Udara Jadi Lebih Bersih

Selalu ada hikmah di balik sebuah peristiwa. Barangkali ini pula ungkapan yng cocok untuk menggambarkan situasi saat ini, di mana dunia sedang...

Gara-gara KLB Corona, Pasar Klewer Solo Sepi

Terimbasnya virus corona ke Indonesia membawa banyak konsekuensi. Bukan saja soal jatuhnya korban jiwa maupun pasien yang terkena virus yang diklaim berasal...

8 Tempat Wisata Indonesia yang Wajib Dikunjungi Tahun 2020

Indonesia dikenal sebagai negara yang besar, bukan saja karena jumlah penduduknya yang banyak, melainkan juga lantaran banyaknya kekayaan alam dan budaya yang...

Aneh tapi Nyata! Wine Mengalir di Keran Warga di Italia

Umumnya keran yang tersambung ke rumah akan berisi aliran air bersih untuk kepentingan sehari-hari. Namun, kejadian satu ini aneh bin ajaib!

STEP BY STEP: Cara Membuat Paspor Online Indonesia

Paspor merupakan dokumen penting yang harus dimiliki Sahabat Silir jika ingin bepergian ke...

Karena Virus Corona, Udara Jadi Lebih Bersih

Selalu ada hikmah di balik sebuah peristiwa. Barangkali ini pula ungkapan yng cocok...

Gara-gara KLB Corona, Pasar Klewer Solo Sepi

Terimbasnya virus corona ke Indonesia membawa banyak konsekuensi. Bukan saja soal jatuhnya korban...

8 Tempat Wisata Indonesia yang Wajib Dikunjungi Tahun 2020

Indonesia dikenal sebagai negara yang besar, bukan saja karena jumlah penduduknya yang banyak,...