Wisata MICE ke Korsel Kian Diminati

0
240

Sibuk Liburan – Bicara soal destinasi wisata luar negeri yang digemari oleh orang Indonesia, Korea Selatan (Korsel) menjadi salah satu negara yang difavoritkan. Wisata bertipe MICE  MICE (Meetings, Incentives, Conferences, Exhibitions) pun bahkan kian diminati oleh orang Indonesia. Ketertarikan ini memang tak bisa dipisahkan dari keseriusan Korea Selatan dalam menggarap sektor wisata tersebut.

Dikutip Sibukliburan.id dari Detik Travel, (12/4/2019) bahwa dalam keterangan persnya, KTO (Korea Tourism Organization) menyebut Negeri Gingseng serius dalam mengembangkan sektor wisata tersebut. Dalam memberikan layanan terbaiknya, negara yang masyur dengan budaya K-pop itu memang tak tanggung-tanggung.

Selain menyediakan tenaga ahli di bidangnya, disedikan pula infrastruktur kelas dunia hingga lokasi penyelenggaraan MICE yang nyaman. Tak ketinggalan turut pula disuguhkan panorama dan kegiatan unik untuk menarik minat para wisatawan MICE.

Negara yang memiliki banyak girl band dan boy band kondang itu menawarkan gedung konvensi atau ballroom dengan kapasitas besar lengkap dengan venue yang menarik baik dari segi tempat maupun kegiatannya. Tentu saja, hal ini bertujuan agar MICE semakin berkesan dimata wisatawan.  

Salah satu pengemasan wisata MICE yang menarik ada di komplek Hanok atau pusat kebudayaan. Di tempat ini, wisatwan bisa mencoba berbagai hal bernusansa tradisional, mulai dari mencicipi kuliner khas kerajaan yang autentik, menjajal mengenakan pakaian hanbok, bermain samulnori (perkusi Korea) dan Janggu (semacam gendang) hingga membuat teh hijau Korea.

Melengkapi berbagai service di atas, Koresel pun menyediakan kemudahan akses transportasi. Hal ini dibuktikan dengan tersedianya banyak penerbangan dari berbagai kota di Asia, termasuk dari Jakarta, Indonesia. Korsel membuka jalur penerbangan langsung dari Jakarta hingga Korsel selama 6,5-7 jam ke Seoul. Fasilitas penerbangannya pun tak sekedar memenuhi aspek cepat, melainkan juga nyaman dan beragam.

Selain aspek di atas, ‘resep’ lain yang membuat wisata MICE di Korsel sukses adalah promosi yang terus dilakukan. KTO selalu menyelenggarakan kegiatan MICE Roadshow ke berbagai negara untuk sosialisasi sekaligus menarik minat wisatawan MICE. Pada tahun ini, MICE Roadshow dilakukan di beberapa negara di Asia, termasuk Indonesia.

Acara di Indonesia, telah digelar pada 11 April 2019 lalu, bertempat di Hotel Mulia, Jakarta. KTO Pun memfasilitasi para pelaku bisnis wisata MICE Korea untuk bertemu langsung denan para pelaku bisnis MICE Indonesia dengan format B2B sebagaimana dilakukan pada tahun-tahun sebelumnya. Dalam kesempatan itu sebanyak 26 pelaku wisata MICE Korea hadir baik dari sektor hotel dan resort, travel agent, atraksi wisata maupun dari pemerintahan daerah dan lainnya.

“Wisatawan MICE Indonesia ke Korea mengalami peningkatan yang cukup signigfikan. Tahun 2018 lalu, kenaikan wisatawan MICE mencapai lebih dari 50 persen dibandingkan dengan tahun 2017. Hal ini merupakan hasil yang sangat positif, tetapi ini juga berarti bahwa KTO Jakarta harus bekerja semakin keras di tahun ini. Semoga di tahun ini wisatawan MICE ke Korea tetap memiliki tren yang positif,” ungkap Andrew Kim Jonghoon, Direktur KTO Jakarta. (y)

Sumber: detik Travel

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here