Wow! Pakai Oven Luar Angkasa, Astronot Akan Buat Kue di Luar Angkasa

FOTO: NPR.
Mengutip travelandleisure.com (9/10/2019), oven luar angkasa itu mulai dkirimkan pada Sabtu pekan lalu dan sampai di International Space Station (ISS) awal pekan ini.

0
382
"It's not just about making one German astronaut happy with fresh bread," Marcu explains. "There's really a deeper meaning to bread in space." Above, a photo illustration of bread in space.

Usai beberapa tahun belakangan ini wacana piknik ke luar angkasa pun mulai bergulir, kini kabar baru cukup mengejutkan datang dari dunia antariksa. Ya, awal pekan ini dunia antariksa dihebohkan dengan rencana para astronot membuat kue di luar angkasa. Kue itu akan dipanggang menggunakan oven luar angkasa.

Oven Luar Angkasa

Mengutip travelandleisure.com (9/10/2019), oven luar angkasa itu mulai dkirimkan pada Sabtu pekan lalu dan sampai di International Space Station (ISS) awal pekan ini. Oven yang dirancang dengan khusus itu dikirimkan oleh DoubleTree by Hilton—yang kondang dengan cookies yang baru dipanggang di jaringan hotelnya bersama dengan bahan-bahan pembuat kue.

FOTO: ZERO G KITCHEN

Sebelumnya peluncuran oven itu telah mulai diumumkan pada Juni lalu. Untuk merealisasikan oven tersebut, jaringan hotel itu bekerjasama dengan Zeo G Kitchen, perancang alat  untuk penggunaan mikrogravitasi dalam penerbangan luar angkasa jangka panjang. Kolaborasi juga dilakukan dengan penyedia akses komersial ke luar angkasa Nanoracks.

BACA JUGA: Traveler Wajib Tahu, Bakal Ada “UU Sopan Satun” di Kereta Bawah Tanah China

Usai oven dan bahan pembuat kue diterima, para astronot pun bersiap melakukan pengujian kue di ISS. Usai dibuat nantinya, kue itu akan dikirimkan ke Bumi untuk dilakukan penilaian. Selain itu, usai uji coba tersebut para astronot pun bisa menikmati penganan lezat karena DoubleTree juga mengirim cookies yang sudah dipanggang ke ISS.

“Kami sangat senang kue chocolate chip DoubleTree sudah mengorbitkan sentuhan keramahtamahan dari Hilton dan berkontribusi kepada momen penting dalam sejarah, ketika kami menguji hasil makanan pertama yang dipanggang di antariksa,” kata shawn McAteer, senior vice president and global head DoubleTree by Hilton.

Sementara itu, Manajer Nanoracks Mary Pulpy menambahkan, satu hal yang menarik adalakue itu akan menjadi hasil panggangan pertama yang dilakukan oleh umat manusia di luar angkasa. “Akan seperti apa kuenya? Apa akan terpanggang rata dan berbentuk bundar atau tetap datar?” sebutnya.

Terlepas dari bentuknya, jika uji coba memasak paling bersejarah ini berhasil, para astronot akan segera menikmati hasil masakan olahan mereka sendiri di luar angkasa. Uji memasak di luar angkasa menjadi ‘kebiasaan manusia di Bumi’ kedua yang dilakukan setelah sebelumnya juga ada uji bertanam.

Ya, pada 16 Januari 2016 lalu, sebuah sejarah baru telah berhasil dilakukan menyusul unggahan astronot Badan Antariksa Amerika Serikat (NASA) yang mengunggah foto bunga kerta yang pertama kali tumbuh dan mekar di luar angkasa. Bunga tersebut ditanam di ISS menggunakan sebuah sistem bernama Vegetable Production System (Veggie), yang terpasang di stasiun itu pada Mei 2014.

Sebelum sukses membuat bunga bernama ilmiah Zinnia itu mekar, sistem itu telah lebih dulu menghasilkan sayuran selada yang pada Agustus 2015. Sayuran itu pun dipanen dan disantap para antariksawan.

Kira-kira hal unik apalagi yang akan dilakukan para astronor dan antariksawan di luar angkasa? Kita nantikan perkembangannya. (y)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here